Penghasilan Tambahan Dari Budidaya Ikan Balita Selain Menanam Padi

Ikan Balita


Penghasilan Tambahan Dari Budidaya Ikan Balita Selain Menanam Padi.Buat temen-temen petani mungkin binggung setelah padinya terkena hama wereng atau yang lainnya,karna mereka tidak dapat uang selain dari menanam padi,tapi tenang aja sekarang-sekarang ini lagi bumming budidaya ikan balita yang dipadupadankan dengan tanaman padi,dan pasarnya sangat besar sekali apalagi untuk daerah kota-kota besar,yang dimana gizi ikan balita sangatlah banyak,karna ketika kita makan ikan balita kita juga sekaligus makan beserta tulang-tulangnya,sehingga gizi yang kita dapatkan dari memakan ikan balita lebih besar daripada kita memakan ikan yang besar terutama gizi untuk kalsiumnya.

Mungkin beberapa temen petani masih binggung ikalan balita itu apa ya? Ikan Balita adalah anakan ikan mujair yang dibudidaya diselah-selah sawah,untuk mendapatkan hasil tambahan selai menanam padi,dan untuk umur bididaya sangatlah singkat yaitu 30 sampai 35 hari,untuk harga pasarannya sekitar 45.000 sampai 50.000.

Dan untuk membudidayakan ikan balita ini tidak terlalu sulit,cukup kita melepaskan ikan itu disela-sela tanaman padi,tapi ada syaratnya yaitu air yang ada disawah harus tergenang air,tidak rawan banjir,dan kandungan kimia didalam sawah tidaklah banyak terutama kandungan pestisida didalam sawah,dikarnakan jika kandungan pehtisida didalam air banyak,maka potensi kegagalan panen sangatlah besar.

Baik kita langsung saja membahas Bagaimana Cara Budidaya Ikan Balita,berikut ini adalah sarat cara budidaya ikan balita:

-Satu petak sawah,terserah ukurannya berapa saja juga bisa.
-Bibit ikan Mujair (Nilam) yang kecil sekitar ukuran 3 cm.

Cara budidaya: 
Untuk cara budidaya kita cukup menaruhnya disawah,lalu kalo bisa diberikan makan dedak padi halus supaya kebutuhan makan ikan balita terpenuhi,sebenarnya kalo gak diberimakan juga gak papa soalnya sudah pakan alaminya disawah,tapi untuk jaga-jaga ada baiknya ikan balita diberimakan dedak padi halus.

Untuk pengolahan kita cukup membersihkan perut ikan balita lalu dikemas dengat baik untuk penyimpananya kita bisa memasukkan friser,jika temen-temen petani tidak punya friser kita bisa mengolanya menjadi ikan balita krispi,dengan menggoreng ikan balita,lalu dimasukkan ke peniris minyak supaya minyak yang terdapat pada ikan yang setelah digoreng garing bisa lebih awet,setelah itu dikemas dengan baik. 

Saran: 
Untuk saran buat petani yang mau membudidayakan ikan balita,ada baiknya para petani membuat kelompok tani terlebih dahulu,supaya untuk pemasarannya bisa lebih mudah,lagipula untuk menjaga stok bahan baku juga,karna jika membudidayakan ikan balita ini sendirian,maka stok bahan baku akan sulit untuk berproduksi terus menerus,lagi pula pemasarannya juga akan sulit.

Baiklah cukup sampai sini saja menjelaskan Penghasilan Tambahan Dari Budidaya Ikan Balita Selain Menanam Padi,semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen petani,maupun no petani.

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dai Cara Hijau cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas