Apa Itu Bakteri Salmonella

Apa Itu Bakteri Salmonella. Salmonella ialah suatu keracunan yang lazim di jumpai, yang disebabkan oleh bakteri golongan bakteri salmonella yang ditularkan dari produksi makanan daging. Gejala-gejalanya dapat merupakan nyeri perut, diare, mual muntah untuk masa 1-8 hari. Penyakit ini amat berbahaya terutama pada bayi dan orang yang telah lanjut umurnya. Di Amerika Serikat saja diperkirakan ada 2.000.000 kasus salmonellosis. Pada setiap tahun dengan biyaya pengeluaran $300.000.000.

Ayan dan itik, merupakan tempat penyimpanan salmonella yang terbesar di Amerika Serikat. Perna dilaporkan bahwa salmonella typharium, yang menyebabkan penyakit typhus, didapatkan hidup sampai 13 bulan pada kulit ayam kalkun yang telah dibekukan.

Pusat pengontrolan penyakit di Atlanta, Georgia, melaporkan bahwa pada tanggal 18 Agustus 1973, didapatkan 3 serangan besar-besaran dari Salmonella Agaro di Little Rock, Arkansas, Amerika Serikat, yang mengakibatkan hampir 200 orang yang menderita peradangan usus halus yang berat, akibat memakan daging sapi yang dipanggang, Artikel pada majalah Time (September 18, 1964), menyatakan bahwa kira-kira 58% daripada seluruh daging di Amerika Serikat telah ditulari penyakit Salmonellosis. Pada suatu survey di Massachusett, didapati juga bahwa 50,2% daripada ternak dipasaran mengandung salmonella dan 39% dari kaleng-kaleng yang berisikan telur yang telah dibekukan. Pada penyelidikan yang sama, dijumpai 50,8% dari ternak-ternak yang telah di inspeksi pemerintah mengandung salmonella sedangkan pada ternak yang tidak diinspeksi oleh pemerintah terdapat 48,7% yang telah dikontaminasi oleh salmonella.

Bahkan pada salah satu peternakan yang dijalankan dibawah pengawasan Departemen Peternakan Amerika Serikat, dijumpai 95% hasil-hasil ternak yang dihasilkan telah dikotori bakteri salmonella. Tidaklah heran laporan dari The National Academy Of Science, mengatakan bahwa “Dengan berat, kita dipaksakan untuk mengakui ketidak mungkinannya untuk memberantas salmonellosis, selama manusia masih tetap memakan daging”.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Apa Itu Bakteri Salmonella, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian.

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dari Cara Hijau tentang seputar dunia kesehatan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas