Apa Itu Bawasir (Haemmorrhoid)

Apa Itu Bawasir (Haemmorrhoid). Bawasir adalah pembuluh darah balik yang menonjol keluar daripada permukaan kulit ataupun selaput lendir didaerah dubur, yang merupakan effek samping yang peling lazim dari sembelit. Sering sekali kita mendengar bahwa keluhan sembelit, memperhebat penderitaan si penderita bawasir. Mengapakah hal ini dapat terjadi?.


Fungsi daripada vena (pembuluh darah balik) ialah untuk mengembalikan darah ke jantung, demikian juga vena-vena yang kecil didekat dubur, harus kembalikan darahnya ke jantung, malalui vena yang lebih besar yang terdapat dironda panggul. Bila memakan makanan yang berserat rendah, kotoran yang mengeras, yang tinggal berhari-hari di usus besar, akan menekan keluar dan menyempitkan vena yang besar, yang terletak disebelah usus besar tersebut. Akibat penekanan ini., pengaliran kembali darah dari dubur dicegah, dan timbullah tekanan yang besar didalam vena-vena di subur, sehingga akibatnya, terbentuklah simpul vena yang membengkak, meradang, dan inilah yang disebut bawasir.

Sebagaimana bahwa pada pemakan makanan berserat rendah, terbentuklah kotoran yang keras, sehingga orang tersebut harus mengedan dengan keras untuk mengeluarkan kotoran. Sewaktu mengedan, tekanan didalam vena cava inferior dapat melonjak sampai 300-400 mm Hg, jadi kira-kira 250-350 persen lebih besar dari tekanan sistolis normal.

Tekanan yang tinggi ini akan diteruskan langsung ke vena-vena didubur, sehingga dinding vena tersebut menjadi lemah dan membalon keluar dan timbullah suatu bawasir yang menetap. Sekali bawasir telah dibentuk, tidak ada pengobatan lain yang dapat menormaliser kerusakan tersebut, tetapi makanan yang berserat tinggi dapat mencegah pendarahan, mengurangi tekanan didalam vena yang telah merenggang dan berlekuk-lekuk tersebut, dan menolong mendahului pembentukan bawasir yang baru.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membahas tentang Apa Itu Bawasir (Haemmorrhoid), semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen, dan semoga tulisan ini bisa menjadi sumber refrensi temen-temen untuk banyak-banyak makan-makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

 

Popular Posts

Atas