Apa Itu Penyakit Leukemia

Anda sering mendengar kata leukemia, bukan? Leukemia adalah penyakit kanker darah yang merupakan pembunuh utama dari anak-anak yang berumur sekitar 5-15 tahun. Menurut Dr. Gordon H. Theilen dari Uneversitas California yang khususnya mempelajari leukemia diantaranya sapi-sapi bahwa leukemia yang menyarang sapi mempunyai tipe tumor yang disebut lymphosarcoma, sedangkan pada manusia, baik leukemia tipe darah, maupun tipe pembentuk tumor, terdapat kurang lebih dalam jumlah yang sama.

Pertanyaan yang timbul ialah : “Dapatkah susu sapi menyebarkan virus kanker pada manusia?” Dalam percobaan dengan tikus putih, ternyata tikus putih yang menyususi dari induknya yang menderita kanker payu dara, akan mendapat kanker payu dara pula. Bila anak tikus tersebut menyusui dari induk yang bebas dari penyakit kanker, maka anak tikus tersebut tidak akan menderita kanker. Dengan demikian, susu yang diberikan pada tikus-tikus bayi merupakan faktor yang menentukan.

Laporan lain dari Dr. Ludwick Gross menyatakan bahwa tumor-tumor ganas dengan morfologi yang berbeda dan dalam jenis (species) yang berbeda dari hewan-hewan dapat ditularkan dari satu tuan rumah ke satu tuan rumah yang lain melalui exstrat yang telah disaring.

Bagaimana dapat kita hindarkan hal ini? Menurut Dr. Wendell Stanley dan Dr. Berley Winton (bekas pemimpin laboraturium riset terhadap peternakan di Lansing Timur) menyatakan bahwa virus kanker adalah labil terhadap panas, yang berarti dimusnakan atau di inaktifkan oleh panas. Oleh sebab itu, bilamana susu dipasteurisasikan dengan baik, maka bahaya keganasan susu dapat dihindarkan.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Apa Itu Penyakit Leukemia, semoga artikel yang dibagikan Cara Hijau dapat bermanfaat buat temen-temen, dan semoga artikel ini dapat menyadarkan temen-temen akan menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

 

Popular Posts

Atas