Apa Itu Penyakit Texoplasmosis

Apa Itu Penyakit Texoplasmosis,. Texoplasmosis ialah suatu penyakit yang menyerupai trichinosis yang disebabkan oleh parasit toxoplasma. Penyakit ini tidak begitu berbahaya terhadap orang dewasa, tetapi merupakan suatu problema yang serius pada bayi-bayi yang baru lahir. Krang lebih satiu diantara seribu bayi-bayi yang dilahirkan dapat terserang penyakit ini. Penyakit ini dapat menyebabkan cacat bawaan yang lebih hebat dari rubella, muscular dystrophy, congenital, syphilis, dan phenylketonuria (PKU).

Manusia mendapat texoplasmosis akibat memakan daging yang mentah atau etengah matang. Parasit texoplasma juga membuat siklus seksuilnya di dalam tubuh kucing peliharaan, sehingga dengan memgang kotoran kucing yang mengandung texoplasma, sudah dapat memindahkan penyakit tersebut kepada manusia.

Didalam tubuh manusia, parasit ini dapat menyerang seluruh sel-sel tubuh kecuali sel-sel eritrosit (sel darah merah), tetapi khususnya mempunyai kecenderungan yang lebih besar, menyerang sel-sel saraf otak, batang otak maupun mata, yakni mesemuanya adalah sel-sel yang tidak dapat mengadakan regenerasi sendiri. Sekali parasit toxoplasma telah masuk kedalam sel,maka ia akan berkembang biak, sehingga akhirnya memcah keluar dari sel tuan rumahnya, dengan mengakibatkan keluarnya parasit-parasit muda, yang akan meneruskan kerusakan di sel-sel yang lain. Bilaman tubuh mempunyai pertahanan yang tinggi, maka parasit ini membuat suatu kista yang keras dan tinggal beristirahaat didalam tubuh orang tersebut.

Gejala texoplasma pada orang dewasa agak kabur dan sulit untuk didiagnosakan. Pada beberapa hal texoplasmosis menyerupai mononucleosis. Kadang-kadang penyakit ini mengakibatkan pembesaran kelenjar lymph seperti pada mata. Bayi-bayi yang lahir dengan penyakit texoplasmosis dapat menjadi buta atau menderita abnormalitas otak.

Pada beberapa orang, parasit tidak membentuk kista, tapi justru menyerang jantung dan dapat menyebabkan kebutaan, ataupun kerusakan otak, bahkan kematian. Beratnya penyakit tergantung kepada keganasan jenis texoplasma, demikian pula jumlah daripada texoplasma tersebut dan daya tahan orang bersangkutan. Sesuai dengan riset Cornell University Medical Collega, diperkirakan ada 500 juta manusia pembawa penyakit ini (carrier), dan dijumpai jumlah yang sama dari hewan dan burung yang telah terserang texoplasmosis.

Cukup sampai sini saja saya menjelaskan tentang Apa Itu Penyakit Texoplasmosis, semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian, dan bisa meningkatkan kesadaran kita akan kebersihan lingkungan dan makanan.

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dari Cara Hijau tentang seputar dunia kesehatan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas