Apakah Amandel, Perlu Di Operasi Atau Tidak?


Apakah Amandel,Perlu Dioperasi Atau Tidak?.Pegangan yang paling jelas bagi para dokter terhadap penderita amandel,kalau ada gejala panas diikuti sakit tenggorokan dan mulut seakan akan terkatup atau susah sekali dibuka secara bebas.Dalam hal ini para dokter sependapat bahwa amandel penderita tersebut harus segera diangkat.

Nah ,dalam hal ini dokter-dokter mempunyai pandangan yang berbeda-beda.Maksudnya ada dokter yang tidak menyetujui.Alasan di belakang ini,tonsil itu perlu untuk pertahanan pertama dari tubuh kita,sebab kuman yang masuk dari mulut dan hidung pertama kali dihadang oleh kumpulan kelenjar yang bertugas sebagai alat pertahanan tubuh.Kumpulan kelenjar ini disebut tonsil.Kecuali yang satu diatas tadi,ada beberapa tegangan yang dapat dibuat patokan untuk pertimbangan pengangkatan tonsil.Pengangkatan tidak bisa segera panas infeksi akut tonsil harus “ditenagkan” lebih dulu.

Kalau pada tonsil seorang penderita didapati kuman penyakit difteria yang sangat berbahaya,sebaiknya tonsil tadi diangkat saja.Sebab walaupun pada penderita ini tonsilnya tenang-tenang saja,artinga tidak meradang tetapi dia dapat menularkan kuman yang sangat berbahaya ini pada orang lain.

Pegangan lain lagi,kalau dalam setahun orang ini mengalami peradangan lebih dari tiga kali.Jika ini terjadi pada seorang penderita maka sebaiknya tonsil tersebut diangkat saja.Tonsil perlu juga diangkat kalau dalam pemeriksaan ditemukan tumor ganas.Kalau ini ada maka tidak ada pilihan lain,tonsil harus diangkat bersama tumornya.

Pertimbangan lain lagi untuk mengangkat tonsil ialah kalau orang tersebut pasien batuk-batuk yang menahun,padahal menurut pemeriksaan secar teliti paru-parunya baik.Pertimbangannya ada kemungkinan penyebabnya berasal dari tonsil yang ada.

Perlu menjadi perhatian bagi kita semua,infeksi yang terjadi di tonsil disebabkan oleh kuman-kuman yang dapat mengirimkan racunya jauh ke organ-organ lain dari tubuh.Maka tidak jarang kita mendengarkan bahwa seseorang menderita penyakit jantung karena adanya infeksi di tonsil.Bukan hanya jantung saja yang dapat dipengaruhi oleh kuman-kuman yang berdiam di tonsil tetapi juga organ-organ lain seperti ginjal atau menderita penyakit rheumatik tulang karena kuman yang berada di tonsil.

Karena itu atas pertimbangan-pertimbangan yang telah disebutkan diatas kalau seseorang termasuk didalam salah satu dari kriteria yang telah disebutkan tadi,sebaiknya tonsilnya diangkat saja.

Cukup sampai sini saja menjelaskan tentang Apakah Amandel,Perlu Dioperasi Atau Tidak?.Semoga artikel ini menjadi sumber pertimbangan anda untuk mengoperasi amandel apa gak.

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dai Cara Hijau tentang dunia Pertanian,Peternakan,Perikanan,Perkebunan,Kesehatan,Resep Makanan,Dan Global Warming cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas