Bahan Makanan Berserat Tinggi Yang Bisa Mencegah Kanker Usus

Setelah artikel sebelumnya membahas tentang Makanan Berserat Tinggi Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker. Kali ini Masih berkaitan dengan kanker usus yaitu membahas tentang Bahan Makanan Berserat Tinggi Yang Bisa Mencegah Kanker Usus, baik kita langsung saja ke tabel makanan yang mengandung serat tinggi.




Nama
Makanan


Kadar
Serat


Sekam
Gandum


9,1


Kacang
Kedelai


4,9


Kacang-kacangan


4,3


Miju-miju
(Lentils)


3,9


Almond
(buah badam)


2,6


Gandum
utuh


2,3


Ubi


2


Kacang
tanah


2


Adpukat


1,6


Peterseli


1,5


Buah
per


1,4


Hevermot
(Oatmeal)


1,2


Labu


1,1


Kembang
kol, wortel, apel


1


Beras
merah tumbuk, terung, lobak


0,9


Kubis


0,8


Slada,
jagung


0,7


Seldri,
anggur, buah persik, bayam, labu siam


0,6


Jelai,
kentang, jeruk, tomat


0,5


Semua
jenis makanan daging misalnya : sapi, domba, babi, ikan, keju,
susu dan telus


0

Proses terjadinya kanker calon disebabkan oleh asam empedu yang dikeluarkan dari hati yang terdiri dari cholic acid dan deoxycholic acid. Di dalam usus dari pemakan makanan berserat rendah dijumpai dua macam kuma yaitu bacteroides dan bifidobacteria. Kedua kuman ini akan beraksi dengan asam empedu dimana cholic acid akan diubah menjadi apcholic acid akan diubah menjadi 3 methyl cholanthrene, yaitu zat carcinogenic yang paling keras. Kontak yang erat antara apcholic acid dengan selaput lendir usus besar dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kanker usus.

Bagaimana keadaanya pada usus dari pemakan makanan berserat tinggi? Kuman-kuma yang dominan yang dijumpai di usus pemakan makanan berserat tinggi, terdiri dari streptococcus dan lactobacillus bacteria dan kedua kuman ini tidak bereaksi dengan asam empedu. Hal ini dapat dibuktikan dengan didapatkannya asam empedu yang utuh dalam jumlah yang banyak di dalam kotoran daripada makan-makanan berserat tinggi.

Dengan demikian satu usaha yang dapat dibuat untuk menghindarkan diri dari kanker usus atau kanker dubur, ialah dengan jalan memakan makanan yang dapat mempercepat selesainya pencernaan, atau dengan kata lain, dengan jalan memakan makanan yang mengandung banyak serat. Satu hal yang harus diingat dalam memilih makanan berserat, ialah bahwa daging sama sekali tidak mengandung serat. Dengan demikian, kita dapat menarik kesimpulan bahwa, makanan vegetarian adalah makanan penghindar penyakit kanker usus dan kenker dubur.

Tidaklah heran, kanker usus bukan satu hal yang umum di Uganda, dan India, oleh sebab umumnya mereka makan makanan vegetarian, tetapi, kanker ini umum sekali terdapat di Amerika dan Inggris, oleh sebab kedua negara ini penduduknya memakan makanan yang mempunyai kadar serat yang rendah.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Bahan Makanan Berserat Tinggi Yang Bisa Mencegah Kanker Usus, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian.

Refrensi :DR. J. KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas