Bisnis Rumahan, Cara Budidaya Daun Sirih Merah

Bisnis Rumahan, Cara Budidaya Daun Sirih Merah
Kali ini Cara Hijau akan membahas tentang Bisnis Rumahan, Cara Budidaya Daun Sirih Merah. Daun sirih merah adalah daun untuk bahan baku jamu tradisional Indonesia, daun ini sangat bermanfaat untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Dan khasiat lainnya dari daun sirih merah ini ialah mengobati penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan, maagh, dan masih banyak lagi.

Dan untuk harga bibit daun sirih merah ini 25.000 per biji, itu kalo didaerah saya, soalnya saya membudidayakannya, dan untuk membudidayakan sirih merah ini sangatlah mudah, dan tidak perlu memerlukan ilmu yang jelimet, seperti budidaya tanaman lainnya, seperti mencangkok mangga, membuat buah yang yang di stek, ataupun menggunakan tehnik tempel. Sehingga budidaya ini sangat cocok buat ibu-ibu yang ingin membuat kerja sampingan sambil mengurus pekerjaan rumah tangga, karna tidak perlu memerlukan waktu luang yang lama untuk membudidayakan sirih merah ini, cukup siram dua kali sehari sudah cukup. Dan untuk proses budidayanya silakan lihat dibawah ini: 

Alat-alat yang diperlukan untuk budidaya sirih merah:

  • Plastik polibek 
  • Pupuk organik 
  • Cairan perangsang akar 
  • Guntingn atau pisau 
  • Calon bibit sirih merah 
  • Air

Dan untuk proses budidaya sirih merah adalah:

  1. Siapkan bibit sirih merah dengan cara memotong sirih merah yang sudah besar, ingat untuk tehnik memotongnya potong didaerah ruas sirih merah yang sudah mempunyai calon akar. 
  2. Kalo sudah celupkan kedalam cairan perangsang akar, supaya persentasi untuk hidup bibit sirih merah sangat besar. 
  3. Setelah itu siapkan plastik polibek, isi dengan tanah di campur pupuk organik, dengan persentasi 70:30, yang tuju puluhnya tanah dan tiga puluhnya pupuk organik. 
  4. Setelah semuanya sudah dilakukan tinggal kita siram dua hari sekali, insyaallah dalam satu minggu bibit sirih merah sudah benar-benar tumbuh.

Tips pemasaran: 
Untuk tips pemasarannya pasarkan bibit ini untuk sementara di tetangga sekitar atau kalo ibu-ibu bisa dipasarkan melalui ibu-ibu arisan, tapi ingat persentasikan kepada ibu-ibu arisan atau tetangga sekitar tentang khasiat daun sirih merah ini, sehingga pambeli mempunyai alasan kenapa dia harus membeli bibit daun sirih merah ini. Jika sudah berhasil menjual di tetangga sekitar kita atau melalui ibu-ibu arisan, tinggal kita menjangkau pasar yang lebih luas yaitu melalui online atau kerjasama dengan penjual bunga, tapi kalo menurut saya penjualan melalui online lebih dapat untung besar daripada jika kita menjualnya melalui penjual bunga, alasannya, ka kita menjual dengan online harga bisa kita atur sendiri, sedangkan untuk menjualnya dengan penjual bunga atau tanaman maka harga akan lebih murah, karna masih harus nego dengan penjual bunga atau tanaman.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Toko Online

Sedangkan untuk pengemasan juka dijual secara online, silahkan cari di internet sendiri, dengan kata kunci “cara packing bibit tanaman”, soalnya kalo saya jelaskan disini nanti terlalu panjang. Banyak kok informasi cara packing bibit tanaman di internet.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Bisnis Rumahan, Cara Budidaya Daun Sirih Merah, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalin untuk membuat usaha sendiri dirimah, meskipun usahanya kecil-kecilan. Jangan lupa baca juga artikel tentang Usaha Rumahan, Cara Membuat Ice Cream Buah Naga Merah

 

Popular Posts

Atas