Bisnis Rumahan, Cara Membuat Keripik Gadung


Bisnis Rumahan, Cara Membuat Keripik Gadung
Kali ini Cara Hijau akan berbagi artikel tentang Bisnis Rumahan, Cara Membuat Keripik Gadung, baik kita langsung aja ketopik penbicaraan.Mungkin beberapa temen-temen tidak tahu apa itu gadung, gadung adalah salah satu ubi jalar yang beracun, biasanya temen-temen petani memanfaatkan gadung sebagi pehtisida untuk tanaman meraka.

Tapi kali ini tidak akan membahas bagaimana cara mengelola gadung menjadi pehtisida, tapi mengola menjadi produk yang mempunyai nilai jual tinggi, yaitu mengola gadung menjadi keripik gadung.

Untuk harga gadung yang sudah menjadi keripik gadung didaerah saya itu 25.000 per kg, entah kalo didaerah temen-temen sana, saya kurang tau. Dan untuk cara membuat keripik gadung kita harus memenuhi peralatan untuk proses pembuatan keripik gadung, dan untul peralatan yang harus disiapkan lihat aja dibawah ini. 

Alat-Alat Yang Harus Dipersiapkan:

  • Pisau
  • Tampat menjemur, entah itu terpal ataupun tikar
  • Bak
  • Panci
Bahan Yang Harus Disiapkan:
  • Gadung
  • Abu bekas pembakaran kayu, atau disebut juga awulayan
  • Air

Proses Pembuatannya:
  1. Iris tipis-tipis gadung yang sudah dikupas
  2. Taburi gadung yang diiris tipis-tipis tadi dengan abu bekas pembakaran, alasannya untuk menyerap getah gadung yang beracun tadi plus bisa membuat gadung lebih putih.
  3. Setelah ditaburi dengan abu bekas pembakaran kayu tadi, jemur sampai kering, usahakan untuk pengeringannya cepat kering, kalo bisa satu hari kering, untuk lebih cepat bisa menggunakan oven, alasannya untuk mencegah warna gadung menjadi merah atau menghitam, jadi warna gadung tetep putih, setelah itu di rendam kedalam air sampai satu hari penuh.
  4. Setelah direndam sampai satu hari penuh tinggal kita bilas gadung tadi, supaya lebih bersih.
  5. Setelah dibilas dengan air, tinggal gadung tadi dikukus sampai 30 menit, setelah itu ditiriskan sampai airnya agak tiris.
  6. Setelah air agak tiris, tinggal kita jemur sampai kering.
  7. Setelah kering tinggal kita goreng gadung yang sudah kering tadi.

Dijamin gadung tidak akan beracun dengan proses tadi, soalnya saya membuktikan sendiri bersama keluarga saya.

Tips Menjual Keripik Gadung: 
Kalo bisa dalam pemasarannya lebih kreatif lagi, bisa dengan menambahkan rasa-rasa dalam keripik gadungnnya, setelah itu dikemas dengan sangat rapi dan dengan disein yang sangat menarik, sehingga pembeli lebih berminat untuk membeli keripik gadung. Untuk pemasarannya bisa menggunakan dengan sistem online, bisa menggunakan Facebook atau mengunakan jejaring sosial lainnya, tapi untuk lebih efisien bisa mengunakan Toko Online, tapi buat temen yang belum tau bagaimana cara membuat toko online, tenang aja, sekarang-sekarang ini ada jasa pembuatan toko online yang sangat murah. Yaitu hanya membayar 60.000 perbulan temen-temen sudah bisa membuat toko online sendiri, untuk informasi lebih lanjut bisa lihat aja disini Jasa Pembuatan Toko Online.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Bisnis Rumahan, Cara Membuat Keripik Gadung, semoga artikel ini sangat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya yang berjudul Peluang Agrobisnis Budidaya Buah Naga Merah

 

Popular Posts

Atas