Ide Bisnis Rumahan, Mengola Mangga Menjadi Selai Mangga

Ide Bisnis Rumahan, Mengola Mangga Menjadi Selai Mangga
Kali ini Cara Hijau membagikan artikel tentang Ide Bisnis Rumahan, Mengola Mangga Menjadi Selai Mangga, baik kita langsung aja ke topik pembicaraan.

Mangga adalah salah satu komoditi buah yang sangat unggul di Indonesia, tapi kadang-kadang komoditi ini harganya sering turun naik dipasaran, dikarnakan musim yang gak terlalu jelas, dari pengamatan saya pohon mangga ini akan mahal jika waktu musim panennya dipertengahan musim kemarau, jika panennya mendekati musim hujan makan harga mangga akan turun, maka dari itu solusi untuk meminimalisir kerugian kita harus mengelola mangga menjadi produk yang lebih kreatif, salah satunya yaitu mengelola mangga menjadi selai mangga, untuk diteil resepnya silakan lihat dibawah ini. 

Bahan Pembuatan Selai Mangga:

  • 1 gelas air 
  • 1½ kg mangga masak 
  • 7 ½ ons gula pasir 
  • Garam dan CMC secukupnya 
  • Kemasan botol selai plastik

Cara Pembuatan:

  1. Kupas kulit mangga ambil dagingnya lalu haluskan 
  2. Masaklah bersama garam dan gula, serta air dengan api kecil sambil aduk-aduk sampai mendidih dan kental.
  3. Berikan CMC bila suka sebagai pengental, ratakan lalu angkat dan dinginkan.
  4. Apabila sudah dingin masukkan selai kedalam botol selai plastik

Untuk proses pengawetannya:

  1. Cuci botol sampai bersih, setelah itu keringkan air bekas mencuci tadi.
  2. Setalah selai dimasukkan kedalam botol, panaskan botol didalam air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, sampai 15 sampai 20 menit, tergantung besar kecilnya botol kemasan.alasannya, supaya bakteri yang ada diselai maupun botol mati semuannya.
  3. Setelah selesai botol dimasukkan kedalam air mendidih selama 15 sampai 20 menit, langsung celupkan selai yang sudah dimasukkan botol ke dalam air dingin, sehingga selain cepat dingin, alasannya supaya bakteri tidak bisa berkembang, karna bakteri akan cepat berkembang jika didalam suhu 30 sampai 40 derajat celcius, jadi jika kita mendinginkan botol dengan air dingin maka suhu akan cepat menurun.

Tips pemasaran: 
Untuk tips pemasaran sebaiknya dipasarkan secara online, sehingga pemasarannya bisa meluas keseluruh indonesia, ada baiknya lagi jika menggunakan toko online sendiri, sehingga jualan selai kita akan tanpak profesional. Tapi bagaimana jika saya gak bisa membuat toko onlin sendiri? Tenang saja sekarang ini ada jasa pembuatan toko online murah kok, cukup mengeluarkan 60.000 perbulan temen-temen bisa langsung menikmati toko online anda sendiri. Untuk informasi lebih lanjut bisa lihat disini Jasa Pembuatan Toko Online. 

Cukup sampai sini saja saya menjelaskan tentang Ide Bisnis Rumahan, Mengola Mangga Menjadi Selai Mangga, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Jangan lupa baca juga artikel tentang Bisnis Rumahan, Cara Budidaya Daun Sirih Merah.

 

Popular Posts

Atas