Cara Membuat Asap Cair Dari Batok Kelapa

Cara Membuat Asap Cair Dari Batok KelapaKali ini saya akan membagikan artikel Cara Membuat Asap Cair Dari Batok Kelapa, yang sebelumnya saya membahas tentang Potensi Bisnis Yang Didapatkan Dari Arang Batok Kelapa, kita tau sendiri jika kita membuka usaha pembuatan briket dari arang batok kelapa kita harus juga membuat tempat penyulingan asam, karna jika limbah asap yang dikelurkan dari proses pembakaran batok kelapa tidak dikelola dengan baik, makan asap itu akan mencemari lingkunagn dan masyarakat didekat pabrik, maka usaha kesenambungan usaha kita dengan masyarakat sekitar tidak akan baik, maka dampaknya usaha kita akan ditutup paksa oleh masyarakat.


Cara Membuat Asap Cair Dari Batok KelapaMaka dari itu buat temen-temen yang mau membuka usaha pembuatan briket dari batok kelapa, kita juga harus membuatkan tempat penyulingan asap batok kelapa juga, sehingga limbah asap yang dikelurkan bisa dijadikan pundi-pundi rupiah selain kita juga menjaga udara lingkungan sekitar kita supaya lebih bersih.

Untuk membuat asap cair ini kita harus memodifikasi tong pembuatan arang dengan cara menutup memberi saluran pipa untuk menyalurkan asap ketempat penyulingan, untuk bahan dan peralatang yang harus kita persiapkan adalah :

Bahan :
  • Tempurung Kelapa 100kg

Alat-alat yang dibutuhkan :
  • Drum 100kg
  • Pipa penyalur asap
  • drum penampung asap
  • kondensor
  • penampung cairan
Cara Membuatnya:
  1. masukkan seluruh tempurung kelapa ke dalam drum tertutup dan yang terhubung pipa saluran asap.
  2. Bakar selama 6-8 jam. Asap akan keluar melalui pipa dan masuk ke drum penampung asap. Asap akan mulai mengembun menjadi cairan. Jadilah asap cair sebanyak 25 liter. Asap cair yang dihasilkan masih berupa asap grade C (masih mengandung ter sehingga warna coklat pekat).Cocok untuk penggumpalan karet dan pengawetan kayu.
  3. Jika ingin dipakai sebagai pengawet makanan harus endapkan grade C selama minimal 1 minggu, untuk endapkan ter. Saring dengan zeolit, destilasi ulang asap cair grade C tersebut. Destilasi dilakukan pada suhu 120-150 derajad C.
Itu semua adalah Cara Membuat Asap Cair Dari Batok Kelapa, semoga artikel ini sangat bermanfaat buat temen-temen sekalian, dan menjadi refrensi untuk temen-temen menentukan usaha sendiri. 

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dai Cara Hijau tentang dunia pertanian,peternakan,perikanan,dan perkebunan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas