Potensi Bisnis Yang Didapatkan Dari Arang Batok Kelapa

Kali ini saya membahas tentang Potensi Bisnis Yang Didapatkan Dari Arang Batok Kelapa, baik kita langsung aja membahasnya. Mungkin kalian sudah tau apa itu arang batok kelapa, memang benar indonesia adalah salah satu penghasil kelapa terbesar di dunia dan juga penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, tapi taukah kalian bahwa limbah batok kelapa yang salama ini kita buang mempunyai potensi usaha yang sangat besar, bahkan kebutuhan untuk negara timur tengah, jepang, dan australia.

Tapi Untuk membuat briket tempurung kelapa yang laku di pasaran eksport memang memiliki persyaratan yang cukup ketat. Salah satunya adalah bahan baku briket yaitu tempurung kelapa benar-benar bebas dari serat kulit kelapa, jika masih ada serat kulit kelapa arang batok tidak bisa terbakar sempurna.

Arang batok kelapa terbuat dari batok kelapa yang di bakar dengan cara oven dan dengan cara pembakaran. Pembuatan arang batok kelapa tersebut banyak dilakukan dengan cara konvensional
yaitu dengan cara pembakaran secara tradisional. 


DAN UNTUK CARA PEMBUATANNYA ADALAH:
1.Pembakaran dengan menggunakan Lobang dan Dapur Pengarangan Pembakaran dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini:

  1. Lobang atu dapur pengarangan diisi dengan tempurung setinggi 30 cm, kemudian dibakar. Bila lapisan tempurung ini mulai terbakar, ke atas lapisan yang sedang terbakar dimasukkan lagi tempurung baru sebanyak lapisan sebelumnya. Hal ini dilakukan terus sampai ruangan terisi penuh. Setelah itu, lobang atau dapur pembakaran ditutup dengan rapat. Jika menggunakan lobang pembakaran, ke atas penutup dapat ditambahkan tanah sehingga penutupan menjadi lebih rapat.
  2. Ke bagian tengah lobang atau dapur pengarangan diletakkan secara tegak lurus balo kayu atau bambu (diameter 15-20 cm), kemudian diisikan tempurung sampai penuh. Setelah itu, balok kayu atau bambu dicabut secara pelan-pelan dan hati-hati sehingga pada bagian tengah lobang atau dapur pengarangan terbentuk lobang kecil. Ke dasar lobang kecil ini dimasukkan sabut atau daun yang telah dibasahi dengan minyak tanah, kemudian dibakar. Tempurung akan terbakar dari dasar, kemudian akan merambat ke atas. Segera setelah semua tempurung terbakar, lobang atau dapur pengarangan ditutup dengan rapat. Untuk mengeluarkan asap, 2 kali sehari tutup di buka. Proses pengarangan ini berlangsung 5-7 hari.
2.Pembakaran dengan Menggunakan Kiln.
  1. Kiln diisi dengan tempurung sepadat dan serapat mungkin. Kiln yang dibuat dari drum bekas dapat diisi 90 kg tempurung.
  2. Lobang udara baris pertama dan kedua dari atas ditutup. Setelah itu, ke dalam dasar ruang "kassa api pertama" dimasukkan bahan-bahan mudah terbakar, seperti daun kering dan sabut yang telah dibasahi dengan minyak tanah, dan dibakar. Kemudian kiln ditutup.
  3. Segera setelah tempurung pada dasar kiln terbakar, dan api mulai merambat ke bagian atas lobang ketiga yang terbuka, lobang ketiga tersebut ditutup rapat. Sementara itu, lobang baris kedua dibuka. Demikian seterusnya sampai ke lobang baris pertama (paling atas).
  4. Selama pembakaran, volume arang akan berkurang, karena itu tempurung dapat ditambahkan untuk memenuhi volume ruang pengarangan.
3. Pemilahan
Setelah selesai dibakar, arang dibakar. Arang yang belum terbakar sempurna dibakar kembali. Arang yang telah terbakar sempurna diayak dengan anyaman kawat (besar lobang 0,6-1,0 cm) untuk memisahkan tanah, debu dan kerikil. 

4.Proses Penggilingan Dan Pengovenan 
Setelah itu, untuk proses penggilingannya, arang yang sudah dingin digiling sampai lembut lalu kita camour dengan lem kanji alasan memakai lem kanji adalah untuk proses pencetakan arang nanti supaya ketika nanti kita mencetaknya arang benar padat dan tidak mudah retak pada tekstur arang, tapi jangan banyak-banyak memberi lem kanji cukup sedikit saja ya lem kanjinya cukup untuk mencetak arang, soalnya nanti masih ada proses lagi yaitu mengoven arang yang sudah dicetak tadi, untuk harga mesin cetak briket arang silakan lihat diinternet, bahkan ada yang menyediakan paket lengkap, yaitu mulai mesin penggiling arang, pencetak arang, sampai alat oven arang.Kembali ke proses arang tadi, setelah di cetak dengan ukuran seragam, tinggal kita mengoven arang tadi supaya lebih kering, sehingga arang yang kita hasilkan berkuwalitas tinggi, dan untuk pasar exspor.

Tapi untuk membuat usaha dibidang pembuatan briket arang, harap berhati-hati, karna limbah asap yang dihasilkan bisa mencemari lingkungan, tepi tenang aja sekarang ini ada teknologi untuk menangkap asap cair sehingga asap yang dihasilkan dari proses pembakaran arang tadi tidak ada sama sekali, yaitu dengan cara menyuling asap tadi, sehingga asap yang berbentu co2 tadi berubah menjadi cair, bahkan bisa dijual untuk dijadikan bahan pehtisida, untuk cara menyuling asap dari hasil pembakaran arang tadi,lihat disini Cara Membuat Asap Cair Dari Batok Kelapa

Cukup sampai sini saja saya menjelaskan tentang Potensi Bisnis Yang Didapatkan Dari Arang Batok Kelapa, semoga artikel ini bisa menjadi sumber refrensi buat temen-temen untuk membuka usaha. 

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dai Cara Hijau tentang dunia pertanian,peternakan,perikanan,dan perkebunan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau. 
Facebook : Cara Hijau 
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas