Cara Membuat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil)

Cara Membuat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil)Tak enak jika kemarin membahas tentang Pengolahan Batok Kelapa, tapi gak membahas tentang pengolahan buah kelapa, sebenarnya untuk mengelola buah kelapa menjadi minyak kelapa sangatlah mudah sekali, cuma dengan cara memeras santan pada buah kelapa lalu mengendapkannya, setelah itu santan dipanaskan sampai keluar minyaknya.

Tapi kali ini saya tidak membahas tentang cara membuat minyak kelapa, tapi cara membuat minyak VCO atau disebut juga Virgin Coconat Oil, lalu apa itu minyak VCO? Minyak VCO adalah minyak kelapa yang proses pembuatannya tanpa pemanasan sama sekali, jadi jika kita mau membuat minyak VCO kita tidak perlu mamanaskan kita hanya perlu memberikan bibit VCO kedalam santan saja.

Lalu apa manfaatnya minyak VCO? Manfaatnya sangat banyak sekali buat kesehatan, dan kecantikan, contohnya untuk kesehatan, minyak VCO bisa membasmi kolestrol jahat dalam darah kita, sehingga minyak VCO bisa buat untuk menyehatkan jantung kita. Lalu untuk kecantikan, minyak VCO biasanya dibuat untuk hendbody locion. Jadi untuk pasar minyak VCO di Indonesia sangatlah besar, dan untuk harga minyak VCO sangatlah bervareasi tergantung kwalitas produknya, untuk kisaran harga dipasaran adalah Rp.60.000 per liter.

Baik kita langsung saja membahas Cara Membuat Minyak VCO: 

PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN


  • Buah kelapa yang digunakan adalah buah kelapa yang dipanen sudah tua, kulit buah sudah kering. Hindari buah kelapa yang sudah mulai tumbuh kecambahnya atau yang daging buahnya sudah rusak untuk menghindari bau tengik pada hasil minyak. Pilih 10 - 15 buah kelapa. 
  • Siapkan minyak pancingan berupa minyak VCO.
  • Siapkan air dingin, sebaiknya air dingin yang sudah dimasak sebanyak 6 - 8 liter.
  • Siapkan peralatan berupa baskom, gayung, toples kaca/plastic bening ukuran 10 liter 2 buah, Selang bening berdiameter kecil sepanjang 1 m, Kain putih baru sepanjang 1m untuk pemerasan santan dan penyaringan, saringan santan, kain saringan minyak ( kain penyaring air minum berkapur), literan. 
  • Pekerja yang akan mengerjakan minyak harus mencuci tangan/kuku hingga bersih sebelum melakukan pengolahan.


CARA PEMBUATAN 
  1. Kelapa diparut kemudian dicampur dengan air yang telah disiapkan dan diperas hingga diperoleh santan. 
  2. Santan disaring dan diisi pada toples bening kemudian di diamkan selama 1-2 jam sehingga akan terjadi pemisahan antara santan kental/krim dengan air. Air akan berada di sebelah bawa dan krim berada disebelah atasnya.
  3. Pisahkan air dari krim dengan cara mengisap airnya dengan menggunakan selang bening.
  4. Krim yang diperoleh kemudian dicampurkan dengan minyak pancingan, diaduk bolak-balik selama 15 menit hingga butiran minyak menjadi kecil-kecil dan merata. Perbandingan campuran antara minyak dengan krim adalah 1 : 3.
  5. Selanjutnya diamkan campruran tersebut selama lebih kurang 8 jam, hingga terbentuk 3 lapisan dalam toples campuran, yaitu lapisan minyak murni bahagian atas, lapisan blondo ditengah dan air paling bawah.
  6. Ambil/pisahkan minyak murni dengan menggunakan senduk kuah kewadah lainnya untuk selanjutnya dilakukan penyaring.
  7.  Penyaringan harus dilakukan sampai 6-8 kali sehingga diperoleh minyak yang bersih.
  8. Jika setelah penyaringan masih terasa aroma yang tidak sedap/bau berarti proses penyaringan belum benar-benar bersih. 
  9. Selanjutnya kemas dan simpan minyak murni/VCO yang dihasilkan

TIPS MENDAPATKAN MINYAK BERKWALITAS

  1. Semua peralatan dan bahan yang digunakan harus dicuci bersih sehingga tidak ada sisa minyak atau santan kemudian dijemur. Peralatan yang tidak bersih akan menyebabkan terkontaminasinya minyak pada proses pengolahan berikutnya. Sebaiknya semua peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk pembuatan VCO tidak boleh digunakan untuk kepentingan lainnya. 
  2. Pilih air yang bersih dan tidak kotor.
  3.  Daging kelapa yang sudah dicungkil jangan direndam dalam air sehingga minyak yang dihasilkan tidak berbau.
  4. Gunakan kain serbet khusus untuk mengeringkan peralatan, jangan dipakai untuk keperluan lain.
  5. Setelah diparut kelapa harus segera diproses.
  6. Lapisan minyak yang telah terbentuk harus segera diambil agar aromanya tetap terjaga.
  7. Selama proses pembuatan harus menghindari sinar Matahari. Sinar Matahari dapat merusak asam lemak dan kandungan gizi minya.
 
Itu semua adalah Cara Membuat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil), cukup sederhana bukan, daripada kita mengolanya menjadi minyak kelapa yang harganya sangat murah dibandingkan modal yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar, sedangkan minyak VCO kita tak perlu mengeluarkan modal untuk bahan bakar sama sekali, sehingga kos yang dikeluarkan sangat murah, dan harga pasarannya cukup menggiurkan daripada minyak kelapa biasa.

Cukup sampai sini saja saya menjelaskan tentang Cara Membuat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil), semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen sekalian, dan bisa menjadi sumber inspirasi untuk membuat usaha sendiri di rumah.

 

Popular Posts

Atas