Cara Membuat Tepung Mocaf (Tepung Casava)

Setelah saya kemarin menjelaskan tentang 4Peluang Usaha Yang Didapatkan Dari Tanaman Singkong,kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Tepung Mocaf (Tepung Casava),yang dimana cara membuat tepung mocaf adalah salah satu potensi usaha yang bisa kita jadikan ladang bisnis.

Kita tau sendiri akhir-akhir ini impor indonesia terhadap gandum sangatlah besar yaitu 6,2 juta ton pada preode Januari-April 2013,mungkin temen-temen pasti bertanya lalu apa kaitannya impor gandum dengan tepung mocaf?kaitannya pada kegunaannya,mungkin temen-temen sudah tau bahwa tepung mocaf bisa menjadi pengganti bahan baku roti yang selama ini didomisili oleh tepung gandum,jika saja indonesia bisa memproduksi tepung mocaf setengah saja dari impor gandum,berapa defisa yang bisa kita hemat,untuk Harga Tepung Mocaf Sendiri Sekitar Rp.4.500.

Tapi sebelum kita membahas bagaimana proses pembuatannya tepung mocaf,saya akan membeberkan gizi apa aja yang terdapat pada tepung mocaf:
 A.kandungan serat terlarut(soluble fiber) lebih tinggi dari pada tepung gaplek.
B.Kandungan mineral(kalsium) lebih tinggi (58) dibanding padi (6) dan gandum (16)
C.Oligasakarida penyebab flatulensi sudah terhidrolis.
D.Mempunyai daya kembang setara dengan gandum tipe II (kadar protein menengah).
E.Daya cerna lebih tinggi dibandingkan dengan tapioka gaplek.


Untuk proses pembuatannya adalah:  
  1. Cuci bersih singkong agar tanah atau kotoran tidak menempel. 
  2. Singkong dikupas dan lapisan kulit singkong yang berwarna cokelat di buang,umbinya sebaiknya direndam dalam air untuk mencegah perubahan warna. 
  3. Setelah dikupasdan bersih,singkong di iris tipis-tipis sebesar 2 - 3 cm. 
  4. Rendam singkong dalam larutan Enzim dengan dosis 5 ml/liter air,untuk nama enzimnya adalah Enzim Bakteri Asam Laktat,dan seluruh bagian singkong harus terendam,rendam selama 7 s/d 8 jam.
  5. Lalu Singkong di tiriskan. 
  6. Jemur di terik matahari sampai kering,kadar air 12 - 14 %, biasanya memakan waktu 2 - 3 hari,alas penjemuran bisa menggunakan anyaman bambu. 
  7. Setelah kering irisan singkong digiling dengan mesin penepung,bisa menggunakan penepung beras. 
  8. Lalu gunakan ayakan penyaring dengan saringan 60 mesh agar butiran tepung lebih halus. 
  9. Selesai,tepung siap digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.
Itu semua adalah Proses Pembuatan Tepung Mocaf (Tepung Casava),semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen untuk menjadikan Pembuatan Tepung Mocaf Sebagai Refrensi Usaha Anda,sekian terima kasih.

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dai Cara Hijau tentang dunia pertanian,peternakan,perikanan,dan perkebunan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas