Diet Sehat Dengan Cara Mengatur Asupan Karbohidrat Tiap Hari

Diet Sehat Dengan Cara Mengatur Asupan Karbohidrat Tiap Hari. Sebagian besar kalori yang terdapat didalam tubuh manusia berasal dari karbohidrat, yang biasa disebut zat tepung. Anda telah lama mengetahui bahwa karbohidrat ini mempunyai fungsi untuk memberi tenaga dan juga rasa kenyang.

Jumlah karbohidrat yang dibutuhkan manusia tergantung pada usia dan pekerjaan. Umumnya orang dewasa yang bekerja tidak terlalu berat membutuhkan rata-rata 8-12 gram per kilogram berat badan setiap hari. Artinya seorang yang mempunyai berat badan 60 kg, memerlukan 480-720 gram krbohidrat per hari. Sedangkan 70 persen dari jumlah kalori yang dibutuhkan berasal dari karbohidrat.

Apakah sumber dari karbohidrat? Ternyata bahwa sumber karbohidrat adalah seluruhnya dari tumbuh-tumbuhan. Juga karbohidrat berasal dari padi-padian, umbi-umbian, dan sagu, yang meliputi beras, jagung, gandum, ubi jalar, singkong, talas dan kentang. Sedangkan daging sama sekali tidak mengandung karbohidrat.

Untuk kepentingan anda yang akan menyusun menu diet sehat di rumah, kami lampirkan jumlah karbohidrat untuk beberapa macam makanan untuk setiap 100 gram bahan makanan, agar anda bisa menghitung kalori makanan yang dimakan untuk kepentingan diet sehat anda, untuk melihat jumlah karbohidrat dari setiap makanan silakan lihat dibawah ini:




Makanan
Sumber Karbohidrat Per 100 gram


Jumlah
Karbohidrat


Beras


73
gram


Jagung


63
gram


Tepung
gaplek


35
gram


Singkong


32
gram


Ubi
jalar


28
gram


Kentang


19
gram


Sagu


85
gram


Roti
tawar


46
gram


Bihun


82
gram


Mie
kering


50
gram


Makaroni


79
gram

Dengan kita mengetahui jumlah karbohidrat dari setiap makanan, maka kita bisa mengatur menu diet karbohidrat setiap hari, sehingga tubuh kita tidak akan kelebihan karbohidrat, yang menyebabkan obesitas dan diabetes.

Cukup sampai sini saja cara hijau menjelaskan tentang Diet Sehat Dengan Cara Mengatur Asupan Karbohidrat Tiap Hari, semoga artikel ini bermanfaat buat temen-temen sekalian, dan menjadi sebagai sumber refrensi untu diet yang sehat.


 

Popular Posts

Atas