Fungsi Protein Untuk Pertumbuhan Metabolisme Tubuh

Fungsi Protein Untuk Pertumbuhan Metabolisme Tubuh - Lebih kurang 13% dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari protein. Beberapa fungsi yang penting dari protein meliputi:
1.Membentuk sel-sel jaringan tubuh (dalam masa pertumbuhan).
2.Mengganti sel-sel tubuh yang sedang rusak.
3.Memberi tenaga jika jumlah karbohidrat dan lemak tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Kekurang protein, teristimewa menyebabkan penyakit Kwashiorkor pada anak-anak, sedangkan pada orang dewasa dapat menimbulkan penyakit budung lapar.

Beberapa gram protein kita butuhkan dalam sehari? Pada anak-anak sekitar 2-3 gram per kilogram berat badan. Pada permulaan abad ke-20, umumnya para dokter mengakui bahwa manusia membutuhkan 118 gram protein per hari. Tetapi, seorang ahli gizi dari Denmark yaitu Dr.Mikkel Hindhede mengatakan bahwa kebutuhan protein untuk orang dewasa ialah 65 gram per hari. Pada tahun 1974, National Research Council dari Amerika Serikat, mengusulkan bahwa kebutuhan protein dalam satu hari adalah 56 gram. Tetapi sesuai dengan Widya Karya Pangan Gizi yang diadakan di Bogor, tahun 1978, dikatakan bahwa rakyat Indonesia memerlukan 2100 kalori dengan 46 gram protein per hari. Dapatkah jumlah itu dicapai oleh seorang vegetarian? Ternyata mudah sekali. Dengan melihat kepada daftar komposis makanan, dengan mudah anda dapat membuat menu makanan vegetarian hingga dapat mencapai kebutuhan protein sehari-hari.

Untuk jangka waktu lama, para ilmuwan menganggap daging sebagai sumber protein kelas utama, sedangkan tumbuh-tumbuhan sebagai sumber protein kelas kedua. Apakah hal ini dapat dibenarkan sekarang ini? Satu hal yang kita harus ingat ialah bahwa kita memerlukan protein, sebab adanya komponen asam amino yang membentuk protein tersebut. Ada dua macam asam amino yaitu asam amino non essensial dan asam amino esensial yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh, sehingga sangat penting dan dapat diperoleh dari makanan sehari-hari.

Ada 22 macam asam amino yang diketahui, tetapi hanya 10 macam asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Telah lama diperdebatkan bahwa protein tumbuh-tumbuhan tidak mencakupi dalam asam amino esensial tersebut, sehingga anggapan bahwa protein hewani lebih penting daripada protein nabati. Tetapi, ternyata hasil riset telah menunjukkan bahwa kacang kedelai mempunyai kadar asam amino esensial dua kali lipat dibandingkan dengan daging, dan empat kali lipat dari telur.

Berikut ini perbandingan asam amino essensiel dari kacang kedelai, daging sapi, dan telur:

Fungsi Protein Untuk Pertumbuhan Metabolisme Tubuh

Adalah benar sumber protein untuk manusia dapat diperoleh melalui binatang maupun tumbuh-tumbuhan. Dari sumber binatang, protein dari susu dan produk susu, daging ikan dan makanan laut, ayam dan telur, sedangkan pada sumber tumbuh-tumbuhan, protein dapat diperoleh dari kelompok padi-padian, seperti beras, gandum, jelai, dan kelompok biji-bijian dan kacang-kacangan.

Sumber protein mana yang anda akan gunakan? Protein binatang cukup lengkap dalam asam amino essensial, sedangkan efek samping yang kita dapatkan dari protein binatang yaitu kepada berbagai macam penyakit. Protein tumbuh-tumbuhan akan memberikan kesehatan yang lebih baik, dan tidak kalah lengkapnya, daripada protein daging, bahkan dapat berlipat ganda dalam jumlah asam amino essensielnya. Pembahasan berikut akan menunjukkan bahwa protein tumbuh-tumbuhan adalah protein yang murah. Temen-temen dapat menarik kesimpulan sendiri protein manakah yang terbaik untuk kemakmuran dari suatu bangsa.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Fungsi Protein Untuk Pertumbuhan Metabolisme Tubuh, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian.

 

Popular Posts

Atas