Gula Dapat Memperlemah Daya Tahan Tubuh

Setelah kemarin saya menjelaskan tentang Hubungan Gula Dengan Penyakit Jantung , kali ini saya akan menjelaskan tentang Gula Dapat Memperlemah Daya Tahan Tubuh,baiklah kita langsung ketopik pembahasan.

Gula di samping dapat menaikkan serum trigliserida,yang mengakibatkan menurunnya HDL,dengan kemungkinan yang lebih besar, juga dapat mendatangkan akibat negatif yang lain.Umumnya cukup dikenal bahwa gula dapat memberikan kerusakan gigi dan juga memberi kemungkinan yang lebih besar bagi seseorang untuk menderita penyakit kencing manis. Salah satu akibat buruk yang lain dari pada gula, ialah kesanggupannya untuk memperlemah daya tahan tubuh dalam menghadapi penyakit. 

Di dalam tubuh kita, didapatkan banyak phagosit yang berupa tentara-tentara yang berpatroli diseluruh peredaran darah untuk mencari kuman-kuman yang menyerang tubuh kita.Jikalau dijumpai kuman, maka phagosit akan menyerang kuma-kuman tersebut.

Para peneliti mendapati bahwa kesanggupan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi,berkurang, karena gula masuk dalam tubuh. Dilaporkan bahwa phagosit begitu dilemahkan oleh gula sehingga bila seseorang makan hanya 6 sedok teh gula, maka kemampuan phagosit ini untuk mematikan kuman akan berkurang 25%. Bila anda memakan es-krim “Banana-Split” yang terdiri dari 24 sendok teh gula, maka kemampuan phagositiknya akan berkurang sampai 92%.

Menurut penyelidikan pada hewan, setiap 100 gr glukosa yang dimakan, kemampuan phagositiknya cenderung berkurang dari 14 menjadi satu, Ini berarti, kemampuan satu sel darah putih untuk mengelilingi dan mengimmobilisasikan 14 kuman, sekarang hanya bisa memerangi satu kuman saja. (Lihat daftar dibawah ini).



Jumlah Sendok Teh Gula


Jumlah Kuman Yang Diphagosikan


%Pengurangan dalam phagositosis

0

14

0

6

10

25

12

5,5

60

18

2

85

24

1

92

Pengaruh gula dalam phagositosis berakhir sampai 5 jam sebelum dapat kembali normal.

Oleh sebab phagosit merupakan garis pertahanan tubuh yang pertama dalam menghadapi berbagai penyakit, maka kita harus pelihara phagosit agar tetap dalam kekuatan yang maksimal.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Gula Dapat Memperlemah Daya Tahan Tubuh,semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan temen-temen untuk tidak berlebihan memekan gula. 

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dari Cara Hijau tentang seputar dunia kesehatan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas