Makanan Berserat Bisa Mencegah Peradangan Usus Buntu (Appendicitis)

Makanan Berserat Bisa Mencegah Peradangan Usus Buntu (Appendicitis). Usus buntu adalah satu organ kecil yang sering tidak diperhatikan, tetapi ternyata masalah makanan dapat juga mengakibatkan peradagan usus buntu, Peradangan usus adalah satu hal yang sering anda dengar, bahkan cukup banyak juga kematian yang telah diakibatkan oleh peradangan usus buntu atau komplikasi-komplikasinya. Bila peradangan ini dapat dihindarkan, ini berarti penghematan biyaya yang besar.

Para ilmuwan dalam penelitian mereka mendapati bahwa peradangan usus buntu umumnya terjadi oleh sebab salah makan. Laporan medis dari jutaan kasus dari 20 negara dalam jangka waktu 50 tahun menunjukkan bahwa peradangan usus buntu adalah hal yang dapat dihindarkan. Penghindaran ini bisa terjadi bila saja lebih banyak makanan yang mengandung serat yang dimakan.

Riset yang diadakan di Inggris dan Amerika menunjukkan bahwa pada tahun 1880, saat makanan mereka ialah makanan yang mengandung banyak serat, perdangan usus buntu jarang terjadi. Kemudian pada tahun 1920, seorang dokter Inggris yang bernama A.Rendle Short, membandingkan anak kelompok sekolah yang memakan makanan berserat rendah, dengan anak-anak yang tinggal di rumah yatim piatu yang makan-makanan berserat tinggi. Apakah hasilnya? Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa mereka yang memakan makanan berseray endah memounyai kemungkinan untuk mendapat perdangan usus buntu 10 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang makanannya berserat tinggi. Didapatkan juga bahwa di beberapa negara berkembang seperti Kenya, Sudan, Ghana, Nigeria, Rhodesia, Afrika Selatan, Rumania, Mesir dan India, yang memakan makanan berserat tinggi, ternyata peradangan usus buntu hampir tidak dijumpai.

Bagaimana makanan berserat tinggi dapat menghindarkan peradangan usus buntu? Menanisme tidak jelas. Tetapi umumnya diketahui bahwa makanan berserat rendah memperlambat proses pencernaan. Makanan akan berjalan lambat dalam saluran-saluran pencernaan makanan dan dalam setiap jam yang berlalu, didapatkan lebih banyak lagi air yang diserap. Hal ini akan mendorong pembentukan faecalith, yaitu kotoran-kotoran yang mengeras seperti batu kecil. Waktu kotoran melewati usus, salah satu faecalith yang kecil ini dapat jatuh ke dalam umbai cacing yang terbuka dan menyumbatnya. Kadang-kadang usus kecil yang tergenang ini berkembang dan menyebabkan peradangan yang menutub pembukaan usus umbai cacing tersebut.

Akibatnya, tekanan dalam usus buntu akan bertambah, sehingga dinding direnggangkan sampai menipis sekali, dan ini memperhebat infeksi yang diakibatkan oleh bakteri yang ada. Peradangan akan segera menyusul, yang berarti siap untuk menghadapi pembedahan usus buntu. Bebahagialah anda bila makanan temen-temen bersumber dari tumbuh-tumbuhan, yakni makanan berserat tinggi, yang berarti mempunyai sedikit kemungkinan untuk peradangan usus buntu.


Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Makanan Berserat Bisa Mencegah Peradangan Usus Buntu (Appendicitis), semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian

Refrensi : Dr.J.Kuntaraf

 

Popular Posts

Atas