Makanan Berserat Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker

Makanan Berserat Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker – Walaupun kanker merupakan momok yang ditakuti banyak orang, ternyata kanker bukanlah suatu penyakit yang sama sekali tidak bisa dihindarkan oleh manusia. Delapan puluh persen dari semua kanker dapat dihindarkan.


Bagaimana kita dapat menghindarkan diri dari penyakit yang berbahaya ini? Dalam suatu somposium tentang masalah makanan dan kanker yang diadakan di Stockholm, Swedia pada tanggal 16-17 juni 1978, dikatakan bahwa untuk menghindarkan kanker, masyarakat harus dididik sebagai berikut:
1.Tetap memelihara berat badan ideal.
2.Kurangi pemakanan lemak.
3.Tambahkan makanan berserat.

Dengan demikian disamping mengurangi makanan yang berlemak, kita patut menambahkan makanan berserat. Apakah yang dimaksud dengan makanan yang berserat?.

Dalam bahasa inggris, makanan berserat disebut makanan yang mengandung “fiber” atau “roughage” atau juga disebut serat. Serat ini adalah vagian dari sel tumbuh-tumbuhan yang tidak dapat lagi dicerna oleh enzim atau oleh alat pencernaan lainnya.

Bagaimana pentingnya serat dalam hidup manusia telah mulai disinggung oleh Dr. John Harvey Kellogg, Direktur Rumah Sakit Battle Creek (Battle Creek Sanatorium and Hospital) pada permulaan abad kedua puluh. Itulah sebabnya Dr. Kellogg telah mempromosikan makanan “cereal” yaitu makanan yang mempunyai kadar serat yang cukup tinggi, yang produksinya anda dapati juga diberbagai supermarket. Riset lebih lanjut banyak dibuat oleh dua dokter Inggris yang bernama Denis Burkitt dan Hugh Trowell, yang membawa pengertian akan pentingnya serat untuk kesehatan.

Serat mempunyai fungsi untuk menolong melewatkan sisa makanan dengan cara yang lebih cepat, disebabkan penyerapan yang besar akan cairan sehingga memberikan sisa makanan dalam volume yang lebih besar. Riset yang telah dibuat menunjukkan bahwa makanan yang mengandung serat menolong untuk menghindarkan manusia dari diverticulosis, hemerrhoids, appendicitis, heatus hernia dan yang kita pelajari sekarang ini mengenai masalah kanker Usus dan Kanker Dubur, untuk diteilnya lihat di artikel selanjutnya.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel seputar tentang Makanan Berserat Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Jangan lupa baca juga artikel selanjutnya yang berjudul Makanan BerseratTinggi Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker Usus.

Refrensi: DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas