Makanan Berserat Tinggi Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker Usus

Makanan Berserat Tinggi Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker Usus – Bagaimana makanan berserat dapat menghindarkan kanker usus dan kanker dubur? Dalam hal ini kita patut meneliti proses dari pencernaan makanan. Setiap makanan yang dikunyah akan melalui perut untuk bercampur dengan asam hidrochlorida dan zat-zat pencernaan kimia lainnya. Kemudian makanan tersebut akan melalui usus kecil yang panjangnya 7 meter. Disini makanan tersebut akan bercampur dengan sekresi dari hati yang ditambahkan melalui empedu, dan enzim yang disekresikan dari pankreas. Setelah zat makanan dicerna dan bercampur dengan enzim-enzim pencernaan, maka sebagian besar dari sari makanan akan diserap di usus kecil ini.Kemudian sisa pencernaan akan didorong ke usus besar.


Banyak orang berpikir bahwa selesailah sudah proses pencernaan dan makanan tersebut akan keluar melalui dubur. Tetapi ternyata kenyataanya tidak demikian. Dalam usus besar yang panjangnya hanya 1,5 meter, satu hal penting terjadi. Sisa makanan ini masih dalam bentuk setengah cair dan setengah padat, yang mengelair melalui usus besar seperti suatu sungai yang aktip. Bagian yang padat dari kotoran mendahului bagian yang cair dan dinding usus akan menyerap cairan tersebut secara selektif. Lamanya sisa makanan ini tinggal didalam calon, tergantung kepada macam makanannya. Apakah makanan tersebut mempunyai kadar serat yang tinggi atau rendah.

Riset yang telah dibuat menunjukkan bahwa untuk makanan yang mempunyai kadar serat yang tinggi, akan memerlukan rata-rata 18 jam untuk melalui calon (usus besar), dan kira-kira 24 jam untuk melakukan semua proses pencernaan. Tetapi untuk makanan yang mempunyai kadar serat yang rendah sering diperlukan waktu 72 jam atau lebih, bahkan sesuai dengan riset dari Prof.J.C.Brocklehurst, ada yang sampai dua minggu.

Sebagai contoh, para astronout Amerika Serikat sengaja diberikan makanan yang kadar seratnya rendah sehingga dapat menahan pembuangan untuk 6 hari.

Pada setiap sisa pencernaan yang akan dikeluarkan melalui dubur umumnya terdapat sampai 20 sampai 30 persen bakteri. Dengan lebih cepat kotoran ini dikeluarkan dari tubuh makan keadaanya akan lebih baik, disebabkan kemungkinan untuk pembentukan kanker akan lebih kurang.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Makanan Berserat Tinggi Bisa Menghindarkan Penyakit Kanker Usus, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian, dan jangan lupa kelanjuta artikel ini yang berjudul Bahan Makanan Berserat Tinggi Yang Bisa Menghindarkan Kanker Usus

Refrensi : DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas