Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh – Walaupun tidak termasuk dalam zat makanan, air mutlak dibutuhkan tubuh manusia untuk hidup. Air merupakan bagian terbesar dari sel-sel tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 56% air.


Semua pekerjaan tubuh tergantung kepada air. Kegunaan air didalam tubuh manusia adalah untuh:
1.Membagun sel-sel tubuh.
2.Membentuk cairan tubuh.
3.Mengangkut zat-zat makanan dan sisa makanan.
4.Mengatur suhu tubuh.
5.Melarutkan zat-zat dalam tubuh.

Guyton menyebutkan, air sebagai sistem transportasi kedalam dan keluar dari 100.000.000.000.; sel tubuh.

Pergerakan air kedalam maupun keluar sel adalah hal yang vital agar manusia tetap hidup.

Jumlah air yang dapat ber-difusi masuk dan keluar suatu sel, dalam satu detik ialah 100 kali volume dari satu sel tersebut. Satu keajaiban yang luar biasa. Dengan kata lain, air tidaklah statis dalam tubuh manusia. Air mengalir keluar masuk dalam urat syaraf, otot, tulang dan kulit.

Bagaimana pentingnya peranan air dapat anda lihat dalam penilaian berikut: Plasma darah terdiri dari 19% air. 24% dari seluruh jumlah darah anda mengalir ke ginjal pada setiap menitnya untuk dibersihkan dan untuk membuang kotoran. Tanpa air anda menjadi sakit.

Bila kadar air dalam tubuh berkurang untuk 6%, berarti keadaan anda sudah dibawah normal dan bila kekurangan air mencapai 20%, maka hal tersebut dapat menyebabkan kematian.

Anda dapat kehilangan sampai kira-kira 1½ liter air tanpa anda sadari. Satu sampai satu setengah liter akan keluar dari tubuh anda melalui ginjal dalam bentuk air seni. Jika anda bekerja banyak pada hari yang panas, anda dapat kehilangan melalui kulit sampai 5½ liter.

Dengan melihat pentingnya air, maka sudah selayaknya kita harus minum cukup air, sedikitnya 8 gelas per hari, Di samping minuman lainnya.

Menurut Dr.J.Wayne Me. Farland, bila manusia tidak memiliki sistem penyaringan dalam tubuhnya, manusia memerlukan air kira-kira 10.000 liter per hari, atau lebih kurang 40.000 gelas air per hari. Tetapi untunglah kita mempunyai ginjal yang dapat menyaring serta mempertahankan air. Tetapi, walaupun demikian sedikitnya manusia perlu meminum 8 gelas air sehari.

Di samping air yang anda minum, andapun dapat memperoleh air dari makanan. Tanpa perincian yang teliti anda dapat langsung mengambil kesimpulan bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung lebih banyak air daripada makanan daging. Dengan demikian, makanan vegetarian adalah sumber air yang baik bagi manusia.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian.

Refrensi : DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas