Manfaat Tiamin – Vitamin B1, Dan Riboflavin (Vitamin B2)

Kali ini Cara Hijau akan membahas seputar artikel Manfaat Tiamin – Vitamin B1, Dan Riboflavin (Vitamin B2), baik kita langsung saja ketopik pembicaraan, pertama-tama kita membahas tentang Manfaat Tiamin atau disebut juga Vitamin B1.



Manfaat Tiamin Atau Vitamin B1
Vitamin-B1 atau Tiamin adalah bagian aktif dari koenzim, yang amat diperlukan dalam proses oksidasi karbohidrat. Dengan adanya Tiamin ini, proses pemindahan oksigen kedalam jaringan dapat dilaksanakan sehingga sel-sel memperoleh tenaganya untuk menjalankan fungsinya. Khususnya, susunan syaraf sangat bergantung proses oksidasi karbohidrat untuk menghasilkan tenaganya. Dengan demikian bila tubuh kekurangan Tiamin, yang penting dalam proses oksidasi karbohidrat tersebut, maka jaringan syaraflah yang pertama menunjukkan gangguan fungsi yaitu penurutan kegitan syaraf, kurang semangat, mudah tersinggung, kekurangan kesanggupan untuk memusatkan pikiran. Tidaklah heran Tiamin dikenal sebagai vitamin “Antineuritis” Tiamin juga mengambil bagian bagian dalam memajukan nafsu makan, mengatur air dalam jaringan tubuh, dan memperbaiki fungsi pencernaan, yaitu hal-hal yang mempunyai pengaruh tak langsung untuk memajukan pertumbuhan.

Kekurangan vitamin B1 menyebabkan penyakit beri-beri yang menyebabkan rasa nyeri pada otot diseluruh tubuh, urat syaraf yang mudah terganggu dan pencernaan yang terganggu. Dalam bentuk yang dikenal sebagai beri-beri basah, terdapat komplikasi busung air atau udem (khususnya penumpukan cairan dijaringan pada kaki).



Manfaat Riboflavin Atau Vitamin B2
Selanjutnya kita membahas Manfaat Reboflavin atau bisa disebut Vitamin B2- Vitamin B2 atau Riboflavin berguna dalam memperbaiki kesehatan pada segala umur oleh sebab vitamin ini berupa bagian yang aktip dari sebagian enzim dan koenzim yang essensial bagi proses-proses oksidasi di berbagai jaringan tubuh, khususnya mutlak bagi jaringan-jaringan yang berasal dari lapisan ektoderm seperti kulit, mata dan urat-urat syaraf.

Kekurangan Vitamin B2 menyebabkan timbulnya daerah-daerah kemerah-merahan dan terkupas pada bibir dengan retak pada sudut-sudut mulut. Kemudian, pada bola mata terdapat peradangan konjungtiva atau kornea yang ringan semacam buta senja. Boleh dikatakan sama seperti seorang yang kekurangan vitamin A.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel seputar Manfaat Tiamin – Vitamin B1, Dan Riboflavin (Vitamin B2), semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalin. Dan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya yang berjudul Vitamin K Bisa Mencegah Penyakit Anemia, Dan Makanan Yang Mengandung Vitamin K.

 

Popular Posts

Atas