Manfaat Vitamin A Dan Retinoids Bisa Mencegah Penyakit Kanker

Setelah kemarin membahas tentang Bahan Makanan Berserat Tinggi Yang BisaMencegah Kanker Usus, kali ini Cara Hijau membahas tentang Manfaat Vitamin A Dan Retinoids Bisa Mencegah Penyakit Kanker.


Disamping makanan berserat yang dapat menghindarkan kanker, ternyata didapati juga bahawa pengguna vitamin A dan retinoids dapat menjadi penghindar dari penyakit kanker. Dalam suatu riset yang dibuat di Norwegia terhadap 11083 orang dimana dari 53 orang diantaranya kemudian menderita kanker paru-paru, didapati bahwa mereka yang mempunyai kadar vitamin A yang rendah mempunyai resiko tiga kali lipat untuk mendapat kanker paru-paru daripada mereka yang mempunyai kadar vitamin A yang normal.

Dalam riset yang terdahulu juga diperoleh adanya indikasi bahwa retinyl esters dapat mencegah kanker perut, kanker vagina, kanker cervix, uteri, kanker trachea maupun bronchus. Sedangkan modified synthetic retinoids dapat mencegah kanker kulit, epithel tracheobronchial, dan kandung kemih,

Pada tahun 1979, telah dilaporkan suatu hasil riset yang lain dari 100 orang penderita tumor kandung kemih yang dibagi dalam dua bagian, yaitu mereka menerima 13-cis-retinoic acid dan yang tidak, untuk mempelajari pengaruh retinoids pada kanker manusia. Ternyata bahwa riset tersebut menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A menyebabkan bertambahnya thymidine uptake, bertambahnya aktifitas mitotik, dan bertambahnya synthese DNA. Bukti pada penelitian binatang dan manusia, menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat memperluas pembentukan tumor.

Dengan melihat hasil-hasil riset tersebut, kita dapat melihat bahwa penggunaan vitamin A yang normal akan menolong kita dalam penghindaran diri dari berbagai kanker. Sebagaimana bahwa vitamin A banyak terdapat pada sayur-sayuran hijau dan kuning, yang anda peroleh dengan cukup walaupun seorang vegetarian sekalipun.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membahas tentang Manfaat Vitamin A Dan Retinoids Bisa Mencegah Penyakit Kanker, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian.

Refrensi : DR. J. KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas