Mengenal Penyakit Jantung Thrombosis Koroner

Penyakit Jantung yang terkenal ialah yang disebut dengan Thrombosis Koroner. Bagaimana penyakit ini dapat terjadi? Ternyata disamping jantung memompa darah ke seluruh oto-otot dalam tubuh, jantungpun mengirim dinding otak jantung melalui jaringan alteri-alteri yang dibentuk oleh dua pembulu koroner utama yaitu pembulu koroner kanan dan pembulu koroner kiri. Lapisan paling dalam dari suatu arteri yang disebut “Intima” dapat menebal oleh sebab usia, sama seperti karat yang dapat timbul dalam pipa besi yang tua. Penebalan dan pengerasan pembulu darah tersebut dikenal dalam istilah kedokteran sebagai Atherosclerosis.

Sebenarnya, atherosclerosis dapat disebabkan oleh banyak hal, dan beberapa diantaranya sama sekali tidak bisa dihindarkan manusia, misalnya, keturunan, usia, hormon luka pembulu darah (trauma), fungsi hati dan infeksi. Tetapi ada beberapa penyebab atherosclerosis yang lain, yang sebenarnya dapat dihindarkan, misalnya: makanan, serumlipid, tekanan darah tinggi, ketegangan, tubuh yang terlalu gemuk (obesity), merokok dan kurangnya aktifitas tubuh. Umumnya para ilmuwan telah melihat bagaimana pembentukan penebalan pembulu darah (atherosclerosis) banyak dipengaruhi oleh satu zat yang disebut kolestrol.

Adalah sangat mudah untuk dimengerti, bahwa bilamana ada penyempitan pembulu darah (artherosclerosis) akibat penumpukan kolesterol, maka ini berarti pengurangan pengaliran darah melalui pembulu darah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada intima yang mengakibatkan scarlike spot, yang disebut athermata.

Luka (athermata) ini cenderung untuk membentuk penggumpalan darah yang disebut thrombos, yang dapat menyumbat pembulu darah jantung yang sempit. Apabila hal ini terjadi , jantung akan menjadi lemah ataupun darah dapat berhenti bekerja secara mendadak. Kemudian timbullah serangan jantung, atau thrombosis koroner, sebagai akibat daripada penutupan salah satu pembulu darah koroner, oleh sebab gumpalan darah tersebut. Sering sekali kita mendengar seseorang meninggal pada saat menyiram bunga, sedang duduk, menonton T.V, dan sebagainya.

Cukup sampai sini Cara Hijau menjelasakan tentang Mengenal Penyakit Jantung Thrombosis Koroner, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian, sehingga temen-temen lebih sadar terhadap kesehatan jantung kita.

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dari Cara Hijau tentang seputar dunia kesehatan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas