Mengenal Struktur Mulut Dan Gigi Manusia

Mengenal Struktur Mulut Dan Gigi Manusia.Bilamana kita memperhatikan mulut manusia dan mulut anjing, kita langsung dapat melihat perbedaan yang nyata. Mulut manusia mempunyai pembukaan yang kecil sehingga makanan yang dapat masuk kedalam mulut hanyalah dalam jumlah terbatas. Di samping itu, diperlukan sebelum makanan tersebut masuk kedalam mulut perut manusia.

Bila anda makan satu potong daging besar, dengan sendirinya akan terjadi penyumbatan pada tenggorokan. Lain halnya dengan binatang carnivora yang mempunyai pembukaan mulut yang besar, sehingga dapat memasukkan daging yang lebih besar. Secara pembukaan mulut,ternyata manusia termasuk golongan herbivora.

Bagaimana dengan gigi manusia? Dr.W.S.Collen, dengan para ilmuwan lainnya dari Rumah Sakit Maimonides. Brooklyn, melaporkan dalam American Society For The Study Of Atherosclerosis, bahwa gigi manusia dibuat untuk memakan tumbuh-tumbuhan.

Dr. Collen mendapatkan bahwa struktur gigi seri hewan herbivora mempunyai bentuk yang tajam, sedangkan gigi gerahamnya mempunyai permukaan yang rata ataupun sedikit bergelombang, yang digukan untuk menghancurkan serta menggiling makanan.

Pada golongan carnivora, struktur giginya telah diciptakan sedemikian rupa sehingga dapat memungkinkan hewan tersebut dapat memakan daging yang mentah. Carnivora mempunyai taring yang memanjang kokoh, serta pinggir yang runcing untuk memenggam serta mengoyak daging. Gigi gerahamnyapun mempunyai sisi dengan pinggiran yang tajam untuk mengiris daging. Ternyata gigi manusia menyerupai gigi gorilla serta hewan herbivora lainnya baik dalam jumlah susunan maupun strukturarnya. Dengan demikian, makanan yang paling tepat untuk manusia ditinjau dari gigi yang dimilikinya ialah tumbuh-tumbuhan.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Mengenal Struktur Mulut Dan Gigi Manusia, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan buat temen-temen sekalian.

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dari Cara Hijau tentang seputar dunia kesehatan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau.
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas