Mengenal Teori Phenomen Organ

Mengenal Teori Phenomen Organ.Teori Phenomen adalah teori yang membicarakan/menerangkan fungsi fungsional dan patologik organ tubuh ditinjau dari phenomen yang diperlihatkan organ bersangkutan.

Teori ini lahir dari hasil pengamatan dan penyelidikan kehidupan manusia,dalam keadaan sehat dan sakit,pengalaman terapi,bedah mayat yang dijalin dengan tieori Yin Yang serta teori pergerakan lima unsur. 

Cang, Ci dan Sen 
Manusia dijelma dan berbentuk dimulai dari kedua orang tuanya,dalam kandungan ibu kekuatan hidupnya tergantung pada Cin-turunan dan setelah lahir tergantung pila pada Cing yang diperoleh dari makanan-minuman.Cing dimaksudkan dalam pendapat itulah adalah Cing sebagai materi dasar.

Tubuh yang terbentuk dari Cing-turunan memperlihatkan kehidupan akibat timbul dan terbentuk Ci: Ci merupakan gerak perubahan fungsi setiap materi.

Seluruh phenomen yang diperlihatkan tubuh sebagai pencerminan keadaan semangat,pemikiran dan hasrat serta perubahan gerak-gerik dalam kehidupannya disebut juga Sen.

Cing-Ci-Sen merupakan kesatuan yang mutlak dibutuhkan dalam kelangsungan hidup.Cing sebagai dasar materi,Ci faal dan Sen phenomen keseluruhan atau dapat dikatakan pula bahwa Cing sebagai dasar materi,Ci penggerak dan Sen pimpinan.

Cing dibentuk dari hasil pencernaan lambung dari makanan-minuman yang diterima,Cing jenis ini disebut Cing didapat.Seluruh organ Cang menyimpan Cing secukupnya,sisanya dalan Cang ginjal dan dalam organ ini Cing disimpan dan sekali lagi membentuk Cing-turunan,yang dipersiapkan untuk membentuk generasi berikutnya.

Cing didapat dalam lambung mulai dipecah-pecah menjadi materi-materi sebagai berikut yang mempunyai jalan dan faal berlainan:

1.Cing dalam arti sempit,dimana disalurkan kesetiap organ dan disimpan secukupnya dalam organ Cang serta sisanya seluruhnya disimpan dalam Cang ginjal,untuk seterusnya dibentuk Cing turunan.

2Ying ,jenis materi yang jernih,disalurkan kedalam pembulu darah meridian untuk sampai diseluruh tubuh dan memelihara seluruh jaringan tubuh.

3.Wei,jenis materi yang keruh,bergerak diluar pembulu darah meridian,tersebar disekitar meridian,dibawah kulit; berfungsi dalam pertahanan terhadap serangan penyebab penyakit luar.

4.Sie,jenis materi yang merupakan inti sari daripada Cing,bergerak dalam pembulu darah meridian,berfungsi bersama-sama Ying dalam memelihara seluruh jaringan tubuh.

5.Ci,jenis materi yang dibentuk dalam paru-paru dari Cing denga udara yang dihisap pru-paru.Ci bergerak dalam pembulu darah meridian dan diluar pembulu darah meridian.Ci merupakan penggerak daripada Sie,Sie merupakan ibu daripada Ci.

6.Cin Yi,dua meteri yang merupakan cairan tubuh.Cin bergerak bersama-sama dengan Wei dan berfungsiuntuk penghangatan otot dan pemeliharaan kulit.Yi bergerak bersama-sama dengan Ying Sei dalam pembuluh darah meridian menuju ke persendian,tulang belulang; berfungsi sebagai pelumas serta 'makanan' bagi sumsum tulang.

Seluruh materi yang sesungguhnya adalah Cing mengikuti dasar penilaian teori Yin Yang,dibagi dalam dua golongan yaitu Ci,Wei tergolong dalam jenis Yang,sedangkan Ying,Sei dan Yi tergolong dalam jenis Ying.

Cukup sampai sini saja saya menjelaskan tentang Mengenal Teori Phenomen Organ,semoga artikel ini dapat bermanfaan buat temen-temen sekalian,meskipun agak membingungkan,saya sendiri agak bingung waktu dipelajari sama kakak saya,maklum kakak saya terapis pijat akupresure. 

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dai Cara Hijau tentang dunia Pertanian,Peternakan,Perikanan,Perkebunan,Kesehatan,Resep Makanan,Dan Global Warming cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau. 
Facebook : Cara Hijau
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas