Peluang Agrobisnis Budidaya Buah Naga Merah

Peluang Agrobisnis Budidaya Buah Naga Merah
Sudah lama ni Cara Hijau gak posting tentang pertanian, maaf ya, soalnya ada kesibukan lain, yaitu ngurusin blog yang satunya soal jual beli, baik kita langsung saja ke topik pembicaraan yaitu, Peluang Agrobisnis Budidaya Buah Naga Merah

Buah naga merah tergolong mudah ditanam di Indonesia, karna iklim di Indonesia adalah iklim tropis, selain itu buah naga merah sangat sehat buat tubuh, karna mengandung antioksidan tinggi, sehingga buah ini sangat cocok buat perkotaan, Kenapa? Karna khasiat antioksidan bisa menghalang radikalbebas, yang dimana rata-rata radikalbebas berasal dari asap kendaraan, atau polusi udara, sehingga peluang agrobisnis dibidang budidaya buah naga merah sangatlah besar, dikarnakan rata-rata polusi udara diperkotaan sangatlah besar, sehingga buah naga merah ini sangatlah cocok untuk menghalangi radikalbebas dari polusi udara.

Untuk budidaya buah naga merah sangat lah mudah, karna sistem penanamannya hampir sama ketika kita menanam ketela pohon, yaitu kita cukum memotong batang buah naga, untuk lebih lengkapnya silakan lihat dibawah ini:

Peralatan Yang Harus Disiapkan:
1.Pisau
2.Pohon buah naga merah, untuk dijadikan bibit
3.Pupuk organik, tapi yang sudah fermentasi
4.Cairan Penumbuh Akar
5.Plastik polybag

Cara Penanamannya:
1.Pertama kita potong buah naga merah dengan ukuran 30 cm
2.Setalah dipotong celupkan calon bibit buah naga ke dalam cairan penumbuh akar, supaya akar pada bibit buah naga merah cepat tumbuh
3.Isi plastik polybag dengan tanah dengan dicampur pupuk organik dengan takaran 75:25, setelah itu masukkan bibit buah naga merah kedalam pot, lalu tunggu sapai 3 bulan.
4.Setelah 3 bulan di plastik polybag, tinggal kita pindah ke media tanah, supaya cepat tumbuh dengan cepat.

Untuk perawatannya:
Pengairan Buah Naga. Pada tahap awal pertumbuhan, pengairan dilakukan 1 sampai 2 hari sekali. Pemberian air berlebihan akan menyebabkan terjadinya pembusukan.

Pemupukan. Pemupukan tanaman diberikan pupuk kandang, dengan interval pemberian 3 bulan sekali, sebanyak 5 sampai10 Kg.

Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Uniknya dari penanaman buah naga ini adalah belum ditemukan adanya serangan hama dan penyakit yang potensial. Pembersihan lahan / pengendalian gulma dilakukan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pemangkasan Buah Naga. Batang utama (primer) dipangkas, setelah tingginya mencapai tiang penyangga yakni sekitar 2 m, dan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, lalu dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi dan ditumbuhkan 2 cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.

Panen Buah Naga. Setelah tanaman berusia 1,5 hingga 2 tahun, mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan pada tanaman buah naga dilakukan pada buah yang memiliki ciri-ciri warna kulit merah mengkilap, jumbai/sisik berubah warna dari hijau menjadi kemerahan. Pemanenan dilakukan dengan menggunakan gunting, buah sudah bisa dipanen saat buah mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga mekar dalam 2 tahun pertama.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Peluang Agrobisnis Budidaya Buah Naga Merah, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Jangan lupa baca juga Jasa Pembuatan Toko Online Murah.

 

Popular Posts

Atas