Salai Ikan Asap Bisa Meningkatkan Nilai Tambah Pada Ikan Patin

Sale Ikan Asap Bisa Meningkatkan Nilai Tambah Pada Ikan Patin, mungkin kalian masih bingung apa itu sale ikan asap, dari namanya saja kita tahu sale ikan asap adalah ikan yang diasap, tapi apa bedanya sale ikan asap sama ikan asap biasanya? Perbedaannya pada durasi pengasapannya, kalo ikan asap biasa biasanya diasap selama 30 menit sampai 1 jam tergantung ketebalan ikan, tapi kalo sale ikan asap biasanya diasap sampai 2-12 hari pengasapan, tapi dengan cara pengasapan dingin, atau disebut juga pengasapan yang suhunya tidak boleh lebih dari 40-60 derajat celcius. 

Keunggulan sale ikan asap patin ini adalah lebih tahan lama dibandingkan ikan asap biasa, perbandingannya kalo ikan asap biasa kalo disimpan biasanya 2 sampai 4 hari tapi kalo sale ikan asap bisa disimpan sampai 1 tahun, karna kadar airnya yang lebih rendah daripada ikan asap, dan proses pengawetannya didapatkan secara alami karna pengasapannya yang lama. Dan untuk harga sale ikan asap ini dipasaran adalah Rp. 150.000 per kilonya. 

Tapi kali ini saya tidak akan membagikan cara pengasapan yang lama untuk membuat sale ikan asap, tapi saya akan membagikan tips yang lebih cepat untuk membuat sale ikan asa, karna jika sale ikan asap dijadikan sekala usaha yang besar maka tidak efisien jika masih menggunakan sistep pengasapan yang lama. Baiklah kita langsung saja membahas cara pembuatan sale ikan asap patin yang lebih moderen:

Peralatan: 
  • Alat Pengasapannya 
  • Oven 
  • Siapkan kayu yang keras seperti batok kelapa
Bahan Baku:

  • Ikan patin yang sudah di belah tubuhnya dengan sistem belah pinggir atau bisa disebut juga di filley
Untuk proses pembuatannya:

  1. Siapkan ruang tungku pengasapan, lalu masukkan ikan patin yang difilley dan dicuci tadi ketempat pengasapan, lalu asap sampai 3 atau 4 jam.
  2. Setelah diasap sampai 3 sampai 4 jam, lalu keluarkan ikan dari tempat pengasapan, setelah itu oven ikan patin yang diasap tadi sampai kering kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk proses pengovenan tadi adalah 7 sampai 9 jam tergantung ketebalan daging ikan patin.

Untuk proses pengemasan, sebaiknya ikan dikemas dengan cara vakum, sehingga kwalitas produk yang kita jual benar-benar bagus, karna jika produk yang kita jual tadi mau dipasarkan ke supermarket-supermarket besar, maka kesempatan produk kita diterima oleh pihak supermarket, lebih besar daripada jika kita menggunakan proses pengemasan yang biasa, soalnya setandart yang diberlakukan oleh pihak supermarket sangatlah tinggi, dan untuk harga mesin pengemas vakum ialah Rp 970.000 untuk ukuran yang kecil. 

Sekedar tips buat yang ingin membuka usaha sale ikan asap patin, sebaiknya temen-temen yang ingin membuka usaha ini, bekerjasama dengan kelompok-kelompok tani ikan patin, karna kita bisa terjamin stok bahan baku ikan patin, dan ukurun ikan patin yang kita dapatkan seragam, karna itu berpengaruh besar terhadap sistem produksi kita, soalnya jika kita tidak menggunakan ikan patin yang seragam proses produksi akan terhambat dikarnakan ketebalan daging ikan patin yang kita proses untuk dijadikan sale ikan asap tidak seragam.

Cukup sampai sini saja saya menjelaskan tentang Sale Ikan Asap Bisa Meningkatkan Nilai Tambah, Pada Ikan Patin, semoga artikel yang dibuat oleh Cara Hijau dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian yang mau membuat usaha sale ikan asap patin. 

Buat temen-temen yang ingin mendapatkan info-info terbaru dai Cara Hijau tentang dunia pertanian,peternakan,perikanan,dan perkebunan cukup Like Fanspagenya Cara Hijau atau folllow twitternya Cara Hijau. 
Facebook : Cara Hijau 
Twitter : @cara_hijau

 

Popular Posts

Atas