Sumber Vitamin A Dan Fungsi Vitamin A Buat Tubuh

Sumber Vitamin A Dan Fungsi Vitamin A Buat Tubuh – Vitamin A larut dalam lemak dan suhu yang tinggi kecuali kalau ada zat asam. Sebab itu, makanan yang dimasak sebagiam besar masih mengandung vitamin A

Dan untuk fungsi vitamin A adalah:
1.Membantu proses penglihatan.
2.Membantu proses pertumbuhan tubuh.
3.Membantu kesehatan gigi.

makanan yang mengandung vitamin A
Dr. Clifford Anderson menyebutkan “vitamin kecantikan.” Sebab dengan adanya vitamin A, kulit tetap licin dan halus. Vitamin diperlukan juga untuk lapisan sekaput lendir pada hidung, kerongkongan, cabang tenggorokan dan seluruh saluran pencernaan, kandung kemih, ginjal dan organ-organ dalam rongga panggul.

Kekurangan vitamin A pada anak-anak yang menyebabkan penyakit rabun senja atau buta ayam. Jika penyakit ini tidak diobati, makan selaput lendir mata manjadi kering dan berlipat-lipat sehingga akan timbul penyakit xerophtalmi. Bila penyakit ini tidak diobati akan mengakibatkan luka-luka pada cornea mata sehingga menyebabkan penderita menjadi buta. Kekurangan vitamin A  dapat menyebabkan juga kulit menjadi tebal dan kasar, dan memberikan infeksi pada bagian tubuh. Kebanyakan penderita penyakit batu ginjal dan kandung kemih adalah mereka yang kekurangan vitamin A.

Untuk menghitung kebutuhan vitamin A dalam tubuh, kesatuan yang digunakan ialah KI (Kesatuan Internasional) yang bernilai sama dengan 0,6 microgram.

Kebuthan Vitamin A untuk sehari adalah sebagai berikut:




Katagori


Jumalah
Yang Dibutuhkan


Anak-anak
sampai usia 12 tahun


2.500
KI


Remaja
pria dan wanita


3.000
KI


Pria
dan wanita dewasa


2.500
KI


Wanita
hamil dan menyusui


4.000
Ki

Bagaimana kita akan mendapat jumlah vitamin A ini? Vitamin A terdapat pada hewan, dengan sumber utamanya hati dan lemak mentega serta kuning telur. Susu, Es Krim dan keju mengandung vitamin A dalam jumlah yang lebih sedikit. Sayur-sayuran hijau dan kuning mengandung pro vitamin A, yaitu zat yang didalam tubuh manusia dibuat menjadi vitamin A. Kebanyakan daun yang hijau dan tipis, seperti misalnya: bayam, daun lobak mengandung vitamin A dari 5000 sampai 15.000 KI per 100 gram. Wortel mengandung vitamin A dari 2.000 sampai 12.000 KI per 1.000 gram, tergantung berapa pekat warnanya. Kita bisa dapat daftar nilai Vitamin A dari berbagai bahan makanan berikut ini:




Bahan
Makanan Yang Mengandung Vitamin A per 100 gram segar


Kesatuan
Internasional


Hati
(sapi)


43900


Wortel
(warna pekat)


12000


Sayuran
hijau (4.000-15.000), rata-rata


7875


Ubi
jalar


7700


Mentega


3300


Keju


1450


Telur


1140

Daftar ini menunjukkan bahwa makanan vegetarian tidak selalu mengandung jumlah vitamin A yang banyak seperti yang didapatkan dalam hati (sapi). Tetapi jumlah kebutuhan vitamin yang rata-rata 2500 KI tidak sukar untuk dicapai oles seorang vegetarian.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Sumber Vitamin A Dan Fungsi Vitamin A Buat Tubuh, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Jangan lupa baca juga artikel tentang Manfaat Vitamin A Dan Retinoids Bisa Mencegah PenyakitKanker. 

Refrensi: DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas