Sumber Vitamin D, Dan Manfaat Vitamin E

Kali ini Cara Hijau membagikan dua artikel sekaligus yaitu Sumber Vitamin D, Dan Manfaat Vitamin E, baik kita langsung aja ketopik pembicaraan.

Sumber Vitamin D
Sumber Vitamin D
Vitamin- D mempunyai fungsi utama untuk mengatur pembentukan garam kalsium dan fosfor dalam tubuh. Yang diperlukan untuk pengerasan tulang.

Kekurangan vitamin D mengakibatkan penyakit rachitis dimana tulang-tulang tetap lunak, sehingga mudah berubah bentuknya, misalnya: menjadi bengkok.

Sesuai dengan Panitia Bahan Makanan, Dewan Penyelidikan Nasional, dianjurkan agar anak-anak sejak lahir sampai usia 20 tahun untuk memakan paling sedikitnya 400 KI vitamin D per hari.

Vitamin D bisa diperoleh dari sumber hewan dan tumbuh-tumbuhan, seperti kuning telur, minyak ikan, susu, kubis, wortel, minyak jagung dan lain-lainnya. Disamping itu, vitamin ini dapat dihasilkan pula oleh tubuh kita sendiri. Dengan pertolongan cahaya matahari yang mengandung sinar ultra violet (cahaya dengan gelombang pendek dan frekwensi yang tinggi, yang umumnya diperoleh pada pagi hari), maka pro vitamin D dalam kulit akan menjadi vitamin D. Dengan demikian tidak perlu dikhawatirkan bahwa orang vegetarian akan kekurangan vitamin D teristimewa bagi kita orang Indonesia yang hidup didaerah tropis, yang tidak akan pernah kekurangan sinar matahari.

Manfaat Vitamin E
Manfaat Vitamin ESudah lama diketahui bahwa vitamin E adalah faktor yang esensiel bagi pembiakan.Vitamin E juga mempengaruhi otot-otot jantung. Telah dibuktikan bahwa vitamin E menjaga vitamin A dan karoten terhadap oksidasi, khusus didalam saluran pencernaan. Dengan demikian adanya vitami E (anti oksida) persediaan vitamin A dapat dipertahankan dengan lebih lama.

Vitamin E banyak didistribusi dalam makanan, sehingga kemungkinan kekurangan vitamin E sangatlah sedikit. Bila dibandingkan makanan vegetarian dan makanan daging dalam hubungannya dengan Vitamin E, ternyata bahwa makanan vegetarian mengandung lebih banyak vitamin E. Kita dapat lihat dalam daftar dibawah ini:

                Vitamin-E Dalam Makanan
        (Miligram dalam 100 gram bahan segar)




Makanan
Yang Mengandung Vitamin E


Jumal
Miligram Dalam 100 Gram


Daging
domba


0,77


Daging
sapi


1,4


Daging
ayam


0,25


Minyak
jagung


87


Minyak
kedelai


140


Minyak
kacang


22


Nasi
merah


2,4


Kacang
polong


2,1


Ubi
jalar


4

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel seputar Sumber Vitamin D, Dan Manfaat Vitamin E, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian.


 

Popular Posts

Atas