Bisnis Rumahan, Cara Membuat Tahu

Bisnis Rumahan, Cara Membuat Tahu
Kali ini Cara Hijau masih akan membahas tentang Kedelai yang berjudul Bisnis Rumahan, Cara Membuat Tahu. Mungkin beberapa temen-temen menganggap bahwa bahwa tahu adalah makanan asli Indonesia, sebenarnya tidak asalmula tahu sebenarnya berasal dari China, kalo sejarangan yang jelas saya kurang tau sendiri, lagi pula konsep artikel ini tidak membahas asal mula tahu di Indonesia tapi membahas Bisnis Rumahan, Cara Membuat Tahu, baik kita saja langsung ketopik pembicaraan.

Untuk membuat tahu tidaklah sulit, hanya saja peralatan yang dibutuhkan sangat banyak sekali, mulai mesin pembuat tahu sampai dengan yang lain-lainnya, sehingga modal investasi yang kita butuhkan sangat besar sekali, tapi buat temen-temen yang mempunyai modal yang sangat besar, silakan aja membuka usaha dibidang pembuatan tahu, untuk proses pembuatannya silakan lihat dibawah ini.

Bahan Yang harus disiapkan: 
  • Kedelai
  • Cuka tahu
  • Air
Peralatan Yang Harus Disiapkan:
  • Mesin penggiling kedelai
  • Tong
  • Saringan tahu
  • Alat pencetak tahu
  • Kompor gas
  • Wajan
  • Kain pengaduk tahu
  • Keranjang
Proses Pembuatan Tahu:
  1. Cuci kedelai sampai bersih.
  2. Rendam kedelai dengan air sampai 6 jam.
  3. Giling tahu sampai halus dengan mesin penggiling tahu.
  4. Setelah digiling kedelai, saring bubur kedelai tadi dengan air sampai keluar yang disebut santan tahu.
  5. Setelah keluar semua santan kedelai tadi, rebus santan kedelai dengan wajan sampai mendidih.
  6. Setelah itu santan kedelai dipindahkan dari wajan ke dalam bak yang telah kita siapkan sebelumnya. Kemudian saring dengan menggunakan kain belacu yang telah dibuat sedemikan rupa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal proses penyaringan ini harus dilakukan secara berulang-ulang.
  7. Campur santan kedelai hasil penyaringan dengan asam cuka agar menggumpal. Selain dicampur dengan asam cuka, Anda juga dapat menambahkan air kelapa atau bubuk/serbuk batu tahu (sulfat kapur).
  8. Gumpalan hasil campuran santan kedelai yang sudah mulai mengendap itu dituangkan dalam cetakan tahu yang sebelumnya telah dialasi dengan menggunakan kain belacu.
  9. Adonan tahu dalam cetakan dikempa/dipress selama kurang lebih 2 menit agar air yang terkandung di dalam adonan tahu tersebut dapat terperas habis tak tersisa.
  10. Setelah itu adonan tahu tersebut sudah dapat dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.
  11. Dan tahupun sudah jadi dan siap untuk dipasarkan.
Tehnik Pengemasan:
Kali ini saya akan membagikan tehnik pengemasan yang berbeda dari biasanya. Kenapa? Karna pasar yang kita bidik bukan hanya dari pasar tradisional, tapi pasar swalayan juga, sehingga keuntungan yang kita dapatkan bertambah, karna rata-rata pembeli dipasar swalayan adalah kelas menengah, baik kita langsung saja membahas cara pengemasan untuk pasar swalayan:
  1. Kukus terlebih dahulu tahu yang sudah jadi tadi, untuk membunuh bakteri yang ada didalam tahu sehingga lebih tahan lama.
  2. Setelah dikukus masukkan tahu kedalam kemasan plastik, lalu gunakan tehnik pengemasan vakum, yang menyedot semua udara yang ada didalam kemasan sehingga bakteri yang ada didalam tahu sulit berkembang, untuk mesin pengemas fakum harganya Rp. 950.000 untuk yang portebel, ingat harga ini bisa sewaktu-waktu berubah.
  3. Setelah dikemas dengan tehnik vakum, masukkan tahu yang dikemas tadi kedalam air panas yang bersuhu 80oC untuk membunuh sisa bakteri yang ada dikemasan.
  4. Setelah itu masukkan tahu yang sudah dipanaskan tadi kedalam air panas tadi, kedalam air dingin, alasannya rata-rata bakteri mudah tumbuh di suhu 30oC, jadi jika kita memasukkan kedalam air dingin langsung maka tahu yang dikemas dengan tehnik vakum tadi suhunya akan cepat turun, sehingga meminimalisir bakteri untuk tumbuh.
Untuk Proses Pemasaran:
Untuk proses pemasaran kita bisa mengirim penawaran atau yang disebut proposal kerjasama, produk kita ke pasar-pasar swalayan, atau bisa menggunakan sistem penjualan online dengan menggunakan wab, tapi kalo tidak bisa membuat wab, temen-temen bisa mengandalkan jasa pembuatan wab, dan harganya cukup terjangkau cukup kita mengeluarkan uang sebesar 60.000 perbulan, kita bisa menikmati wab pribadi kita, uang segitu tidak sepadam atas keuntungan yang lebih besar jika kita menggunakan pemasaran lewat wab, untuk info lebih detalmnya klik aja disini Jasa Pembuatan Toko Online

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Bisnis Rumahan, Cara Membuat Tahu, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen sekalian. Dan jangan lupa baca juga artikel tentang Bisnis Rumahan, Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk, siapa tau temen-temen tertarik dengan usaha pembuatan susu kedelai bubuk.

 

Popular Posts

Atas