Bisnis Rumahan, Usaha Keripik Tempe

Bisnis Rumahan, Usaha Keripik Tempe
Setelah kemarin saya membahas tentang Cara Membuat Tempe, Dan Strategi Pemasaran Produknya, kini saatnya saya membahas tentang produk pengolahan tempe yaitu Bisnis Rumahan, Usaha Keripik Tempe, baik kita langsung ketopik pembicaraan.

Usaha keripik tempe ini sangat menjanjikan, kenapa? Kalian pasti tau sendiri bahwa tempe makanan yang terkenal sehat, sehingga produk turunannya seperti keripik tempe akan ketularan juga dengan imets sehat juga, berbeda dengan keripik kentang yang terkenal produknya yang gak seberapa sehat, karna asalnya kentang mengandung karbohidrat yang lumayan besar sehingga jika dimakan berlebihan akan menyebabkan kegemukan, berbed dengan tempe, yang asal mula produknya mengandung protein yang banyak, sehingga produk turunannya juga mengandung protein juga meskipun kandungan proteinnya tidak sebesar tempe yang aslinya.

Untuk membuat keripik tempe ini tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan ketelatenan waktu meracik bumbu dan pengirisannya tempe itu sendiri untuk dijadikan keripik tempe, berbeda dengan kentang yang teksturnya agak pada sehingga ketika dijadikan keripik kentang sangat mudah sekali untuk pengirisannya menjadi tipis-tipis, sedangkan tempe yang teksturnya yang gak padat, sehingga ketika diiris tipi-tipis akan sangat mudah sekali pecah, baik kita langsung membahas bagaimana cara membuat keripik tempe.

Tapi ingat resep yang saya bagikan ini adalah untuk kapasitas kecil, sehingga untuk memproduksi kapasitas besar tingga mengkalikan bumbunya. 

Bahan Kripik Tempe Renyah : 
-Tempe secukupnya, cari yang baik.
-300 gram tepung beras.
-150 gram tepung tapioka atau tepung kanji.
-1 butir telur ayam.
-500 liter air.
-2 liter minyak goreng. 

Bumbu yang dihaluskan : 
-10 gram ketumbar.
-1/4 sendok teh kunyit bubuk.
-8 gram garam.
-8 daun jeruk.
-50 gram bawang putih.
-50 gram kemiri. 

Cara membuat keripik tempe : 
1.Potong iris tempe tipis tipis dengan ketebalan sekitar 0.5 - 1 mm.
2.Membuat lapisan tempe : Campur tepung beras, telur ayam, tepung tapioka dan bumbu halus hingga rata.
3.Celupkan tempe yang sudah diiris iris ke dalam celupan lapisan tempe.
4.Goreng tempe dalam minyak yang banyak dan panas, goreng sampai kuning kecokelatan. 

Tips Produksi: 
Untuk sekala industri sebaiknya saat pengirisannya menggunakan mesin pembuat keripik tempe, sehingga dalam proses produksi bisa lebih efisien untuk gambar mesin pembuat keripik tempe silakan lihat diatas, dan untuk sekala home industri sebaiknya tidak menggunakan mesin pembuat keripik tempe, karna memerlukan modal yang agak besar, jadi sebaiknya menggunakan manual saja. Dan untuk harga mesin pembuat keripik tempe adalah 1.600.00 di info dari www.agromaret.com. 

Tips Pemasaran: 
Untuk menjangkau pasar yang luas sebaiknya sistem pemasarannya menggunakan sistem pemasaran online, entah itu menggunakan jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau kaskus, tapi ada baiknya kita menggunakan wap untuk sistem pemasaran onlinenya, Kenapa? Alasannya sangat simpel, jika kita menggunakan facebook, twitter, ataupun kaskus, maka akan tampak tidak profesional dalam kita menjalankan usaha keripik tempe ini, beda lagi jika kita menggunakan wab sebagai pemasaran onlinenya, selain kita dapat menjaring kastemer dari Google, kita juga mendapat nilai plus yaitu kita dianggep profesional oleh kastemer kita. Lalu bagaimana jika saya gak bisa membuat toko online sendiri? Tenang saja sekarang ini ada kok jasa pembuatan toko online sendiri, dan harganya sangat murah sekali, cukup mengeluarkan uang 60.000 kita sudah bisa menikmati toko online kita sendiri, dan fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap sekali, untuk lebih detailnya lihat aja disini Jasa Pembuatan Toko Online.

Cukup sampai sini saja saya menjelaskan tentang Bisnis Rumahan, Usaha Keripik Tempe, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temne-temen sekalian dalam menentukan ide usaha kalian. Baca juga artikel tentang Tempe Makanan Kebanggaan Negara Indonesia.

 

Popular Posts

Atas