Manfaat Internet Buat Pertanian Indonesia

Manfaat Internet Buat Pertanian Indonesia
Manfaat Internet Buat Pertanian Indonesia – Kita tau sendiri internet sangat bermanfaat buat kehidupan manusia sehari, mulai dengan mencari informasi, pengetahuan, bahkan sampai bisa mengelar tiker dagangan kita di internet atau yang disebut juga toko online.

Lalu apa manfaat internet buat para petani? Kalo anda tanya tentang itu, maka saya akan jawab manfaatnya banyak sekali, mulai mencari informasi tentang cara budidaya yang baik, entah itu cara budidaya coklat ataupun cara budidaya kopi, lalu cara mengatasi hama, sampai dengan menjual produk komoditi kita, kita pun bisa mencari suplaer di internet.

Kalo gak percaya, coba sendiri. Lalu bagaimana cara mencobanya? Baik saya akan menjelaskan percobaan sederhana ini lalu bandingkan sebelum kita mengunakan internet sebagai media informasi dengan sesudah kita menggunakan media internet sebagai informasi, lalu apa hasilnya, pertama-tama yang harus dilakukan adalah:

1.Buatlah kelompok tani terlebih dahulu, kenapa? Alasannya sangatlah mudah supaya jika berhasil kita tidak berhasil sendirian, kita juga bisa mengangkat komoditi didesa kita, dan kordinasinya bisa dengan para petani bisa lebih baik, karna jika kita bisa berkordinasi dengan baik dengan para petani didesa kita, kita bisa mendatangkan wisatawan dengan lebih mudah jika kita mempunyai komoditi khas didesa kita, seperti perkebunan kopi, coklat, buah buahan, dan lain-lain, untuk pemasarannya kita lanjutkat dinomer berikutnya.

2.Setelah membuat kelompok tani, cari komoditi yang cocok ditanam didesa kita, lalu cari semua tentang informasi cara menanan komoditi itu, mulai dari cara menanam, cara mengatasi hama, sampai dengan proses pengolahannya. Dengan kita mengetahui semuanya kita mempunyai bekal ilmu untuk menanam komoditi pilihan kita, lalu untuk pengolahannya sangat berguna untuk mengatasi anjloknya harga komoditi itu dipasaran, dengan kita mempunyai bekal cara mengolanya kita bisa mengola sendiri komoditi kita jika sewaktu-waktu ada penurunan harga komoditi yang kita tanam, lalu untuk tambahan lainnya dari pengolahan produk komoditi desa kita, desa kita mempunyai ciri khas dimata luar, sehingga untuk mendatangkan wisatawan sangatlah mudah, sebagai contoh jika kita mempunyai produk olahan unggulan seperti kopi luwak, makanan dodol, ataupun yang lainnya, maka untuk promosi tidaklah sulit, kana kita sudah mempunyai ciri khas sendiri.

3.Buat sebuah profil di internet entah itu blog maupun wab, Alasannya? Supaya desa kita, komoditi yang kita tanam, sampai produk olahan kita, lebih dikenal oleh dunia, karna yang mengakses internet adalah orang diseluruh dunia, sehingga untuk pemasaran produk komoditi, produk olahan, sampai dengan paket wisata, tidaklah sulit dipasarkan. Tapi untuk sarannya jika ingin serius jangan memakai blog sebagai promosi, sebaiknya menggunakan wab sebagai media promosi, karna dengan media wab akan tampak profesional sehingga untuk mendapatkan pelanggan sangatlah mudah. Tapi bagaimana jika saya tidak bisa membuat wab? Tenang aja sekarang ini ada kok jasa pembuatan wab sangat mura, cukup mengeluarkan 60.000 per bulan kita bisa membuat web profesional untuk detailnya silakan lihat disini Jasa Pembuatan Toko Online. Uang 60.000 sangatlah kecil dengan keuntungan yang kita dapatkan jika kita menggunakan wab.

Cukup sampai sini saja penjelsasan tentang Manfaat Internet Buat Pertanian Indonesia, semoga percobaan tadi bisa dilakukan untuk setiap kelompok tani Indonesia, dan petani Indonesia bisa memetik hasil dari memanfaatkan internet. Sekian terima kasih. Jangan Lupa Kunjungi baca juga artikel tentang Ide Bisnis Rumahan, Mengola Mangga Menjadi Selai Mangga.

 

Popular Posts

Atas