Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh - Sekarang ini susu kedelai telah lebih dikenal walaupun perkembangannya di Indonesia kurang lancar Umumnya perkembangan yang terbatas disebabkan adanya anggapan bahwa susu kedelai tidak bisa menandingi susu sapi. Apakah benar demikian?.

Para ilmuwan dalam penelitian-penelitiannya menunjukkan bahwa protein susu kedelai menggampbarkan komposisi dan zat-zat kimia pada susu sapi. Susu kedelai dapat menjadi asam seperti susu sapi. Glycinin dari susu kedelai seperti casein dari susu sapi, dapat menggumpal dengan asam. Bahkan riset Dr. Tso, menunjukkan bahwa bayi dapat diberikan minum susu kedelai pada dua bulan pertama dari umur hidupnya dengan tidak kurang suatu apapun, tanpa menggunakan susu hewani.

Percobaan penggunaan susu kedelai untuk anak-anak ternyata telah dapat terlihat pada anak-anak sewaktu Jepang menguwasai Cina pada tahun 1937-1939. Di tempat pengungsian di Shanghai terdapat 25.000 sampai 37.000 anak-anak yang menerima susu kedelai setiap hari. Dr. Hoh dan temen sejawatnya dari Henry Lester Institute of Medical Research di Shanghai melaporkan bahwa hasil-hasil menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima susu kedelai. Bagi anak-anak yang berusia setahun dan minum susu kedelai menunjukkan badan lebih besar.

Dr. Wolfgang Tilling dari Hamburg telah mengadakan riset juga pada masa perang Dunia-II dan setelah masa perang terhadap anak-anak Jerman yang kekurangan gizi dengan memberikan susu kedelai kepada mereka. Kesimpulan daripada riset tersebut adalah bahwa susu kedelai adalah pengganti yang lengkap dari susu sapi.

Dalam sebuah percobaan yang telah dibuat di Rumah Sakit Anak-anak. Columbus, Ohio, telah dibandingkan pengaruh pertumbuhan anak yang mendapatkan susu kedelai dengan anak-anak yang mendapatkan susu sapi. Ternyata baik secara kadar hemoglobin, berat badan tinggi badan maupun serum proteinnya daripada anak-anak yang minum susu kacang kedele seimbang dengan mereka minum susu sapi.

Keunggulan susu kedelai bukan hanya dalam protein dan pengaruhnya dengan pertumbuhan saja, tetapi juga menjawab argumentasi kurangnya vitamin B12. Dr. Wolfgang Tilling dari Hamburg German telah menemukan synthesis vitamin B12 pada usus kecil anak-anak yang minum susu kedelai. Dikatakan bahwa jumlah yang besar daripada vitamin B12 juga diekskresikan melalui kotoran dan air seni. Oleh sebab kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan pernicoious anemia, maka tidak heran bahwa anemia jarang di jumpai pada negara dimana kacang kedelai sebagai makanan mereka yang digunakan secara luas.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Jangan lupa baca juga artikel tentang Tempe Makanan Kebanggan Negara Indonesia.

Refrensi: DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas