Manfaat Vitamin B12 Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Vitamin B12 Bagi Tubuh Manusia
Manfaat Vitamin B12 Bagi Tubuh Manusia – Vitamin B12 adalah faktor yang mutlak diperlukan dalam pembentukan eritrosit (sel-sel darah merah). Kekurangan zat ini menyebabkan penyakit Pernicious anemia, yang diikuti dengan degenerasi syaraf yang progresip.

Untuk bertahun-tahun lamanya para ilmuwan dalam bidang gizi meyakini bahwa vitamin B12 tidak terdapat pada sumber tumbuh-tumbuhan. Hingga tahun 1974, Dewan Riset Nasional Amerika dalam Makanan dan Gizi mengatakan vitamin B12 adalah komponen yang penting yang tidak berasal dari tumbuh-tumbuhan, melainkan hanya berasal dari hewan, misalnya: dari susu, telur, khususnya organ dalam, yaitu: ginjal, hati dan sebagainya. Kekurangan tersebut memberikan indikasi bahwa adalah tidak mungkin untuk hidup dengan vegetarian murni.

Tetapi kita bersyukur dengan riset yang terus berkembang, hingga kita sebagai bangsa Indonesia, dapat melihat kekayaan bangsa Indonesia, sebab kita mempunyai makanan yang mempunyai sumber vitamin B12 yang telah menjadi milik kita untuk lebih dari seribu tahun.........Makanan tersebut ialah.......Tempe!.

Setelah melihat pentingnya vitamin-vitamin B-kompleks tersebut, maka kita tentunya tidak ingin untuk kekurangan salah satupun dari vitamin-vitamin tersebut. Vitamin-vitamin B-kompleks terdapat dalam daging, susu, telur, kacang-kacangan, sayur-sayuran hijau. Bila kita makan semua sumber makanan tersebut dengan seimbang, dengan sendirinya kita tidak akan kekurangan salah satu unsur sekalipun. Tetapi, bagaimana jika seandainya makanan kita adalah makanan vegetarian? Apakah kita akan kekurangan vitamin-vitamin ini? Perbandinganya nilai-nilai vitamin diantara beberapa macam makanan vegetarian dan makanan daging akan diberikan dibawah:

PERBANDINGAN NILAI-NILAI VITAMIN B-KOMPLEKS:




Tiamin


Lacto-Ovo
Vegetarian Bahan Makanan


mg.
Vitamin


Makanan
Daging:


Hati


0,26






Daging
Sapi


0,08






Daging
Ayam


0,08


Lacto-Ovo
Vegetarian


Susu


0,14






Telur


0,1


Vegetarian


Kacang
Kedelai


1,07






Kacang
Polong


0,77






Kacang-kacang
lain


0,67

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Manfaat Vitamin B12 Bagi Tubuh Manusia, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Dan jangan lupa baca juga tentang Vitamin K Bisa Mencegah Penyakit Anemia, Dan Makanan Yang Mengandung Vitamin K

Refrensi: DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas