Manfaat Vitamin C, Dan Buah Yang Mengandung Vitamin C

Manfaat Vitamin C, Dan Buah Yang Mengandung Vitamin CManfaat Vitamin C, Dan Buah Yang Mengandung Vitamin C – Vitamin C adalah vitamin larut air yang biasa disebut juga Asam Askorbat. Vitamin ini memegang peranan penting dalam metabolisme asam amino, serta penyembuhan bagian tubuh yang sakit atau rusak. Denfan demikian vitamin ini berguna sekali bagi mereka yang menderita infeksi atau penyakit yang telah berlarut-larut. Vitamin C, juga memegang peranan yang penting dalam pembentukan gigi dan tulang.


Kekurangan Vitamin C, meyebabkan suatu penyakit yang disebut Skorbut, dimana timbul pendarahan disekeliling gusi dan tulang terasa nyeri bila disentuh. Bintik-bintik pendarahan dapat dijumpai dibawah kulit pada seluruh tubuh, dan gigi bisa menjadi goyang, bahkan tanggal. Sendi dapat membengkak, dan terasa lemah kemudian kesembuhan yang lembat juga merupakan gejala-gejala kurangnya vitamin C.

Sesuai dengan penelitian yang telah dibuat, 10 mg Asam askorbat per hari telah cukup mencegah timbulnya skorbut. Sedangkan untuk kebutuhan minuman, di Inggris dan Kanada dianjurkan 30 mg per hari, sedangkan di Amerika 70 mg per hari. Bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan tersebut? Vitamin C diperoleh hampir seluruhnya dari buah-buahan dan sayur-sayuran segar atau yang tidak dimasak.

Berikut ini adalah daftar buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin C:




Bahan
Makanan Yang Mengandung Vitamin C (100gram)


Jumlah
Vitamin C (Asam Askorbat) mg


Arbei


60


Jeruk


49


Nanas


24


Advokat


16


Pisang


10


Cabe
paprika


115-120


Bunga
kol


69


Bayam


59


Kol


50

Perbandingan yang teliti antara kadar vitamin-vitamin B kompleks pada makanan daging dan lacto-ovo vegetarian dan vegetarian murni menunjukkan bahwa kadar vitamin B kompleks pada makanan vegetarian tidak kalah jumlahnya dengan vitamin B kompleks pada makanan daging. Adalah benar bahwa kadar beberapa vitamin B seperti : Riboflavin, Piridoksin, Asam Pantotenat, Biotin, Asam Folin, dan Vitamin B12, dalam organ seperti hati, ginjal, jantung, meninggi. Akan tetapi umunya manusia tidak makan organ dalam tersebut dalam jumlah yang banyak, jadi sebenarnya makanan vegetarian mempunyai jumlah vitamin B kompleks yang lebih banyak untuk lebih detailnya bisa lihat disini Manfaat Vitamin B12 Bagi Tubuh Manusia. Sedangkan untuk vitamin C, oleh sebab tidak terdapat pada daging, maka sayur sayuran dan buah-buahan adalah sumber utama. Makanan vegetarian atau nabati adalah jauh lebih unggul daripada makanan hewani.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau membagikan artikel tentang Manfaat Vitamin C, Dan Buah Yang Mengandung Vitamin C, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Jangan lupa baca juga artikel tentang ManfaatTiamin – Vitamin B1, Dan Riboflavin (Vitamin B2).

 

Popular Posts

Atas