Memulai Bisnis Rumahan Dengan Membuat Tape Singkong

Memulai Bisnis Rumahan Dengan Membuat Tape Singkong
Kali ini Cara Hijau akan membahas tentang Memulai Bisnis Rumahan Dengan Membuat Tape Singkong, baik kita langsung aja ke topik pembicaraan.Tape adalah salah satu makanan khas indonesia, ada dua jenis tape di Indonesia yang satu tape singkong dan yang kedua tape ketan, untuk proses pembuatannya hampir sama dari kedua jenis tape itu, hanya saja bahan bakunya saja yang berbeda, yang satu dari singkong, dan yang tape ketan terbuat dari ketan.

Jenis usaha ini sangat cocok sekali untuk daerah tempat berlabunya para wisatawan, dikarnakan biasanya tape dijadikan sebagai bahan oleh-oleh untuk keluarga selesai berwisata, oleh karna itu jika daerah salah satu tempat berlabunya para wisatawan daerah, usaha ini sangat cocok sekali buat kalian.



Untuk membuat tape itu sendiri sangat tidaklah sulit, berikut ini adalah cara pembuatannya:



Bahan yang harus disiapkan:

  • Singkong (1,5 kg)
  • Ragi (1,5 butir halus)
  • Daun pisang untuk alas

Cara membuat tape singkong:
  1. Kupas terlebih dahulu singkong tadi, lalu cuci hingga bersih.
  2. Setelah dicuci bersih, kukus singkong sampai matang, setelah itu sisihkan tunggu hingga dingin.
  3. Setelah dingin, letakan dan tata singkong ke dalam wadah tertutup yang telah dialasi oleh daun pisang sebelumnya.
  4. Lalu taburkan ragi sampai rata.
  5. Tutup semua singkong dengan menggunakan daun pisang, dan tutup wadah dengan rapat.
  6. Simpan di tempat yang hangat dan diamkan sekitar 2 sampai 3 hari.
  7. Setelah itu tape sudah siap di pasarkan.

Tips Pengemasan: 
Untuk pengemasannya sebaiknya menggunakan wadah tradisional yang terbuat dari bambu, supaya makanan tape akan tampak sangat tradisional sekali, sehingga sangat cocok sekali buat oleh-oleh para wisatawan. Karna konsep pemasaran yang saya jalankan adalah makanan oleh-oleh tradisional, sehingga kesan tradisionalnya sangat di tonjolkan di sisi ini. 

Tips Pemasarannya: 
Untuk pemasarannya temen-temen bisa menitipkan tape ini ke toko-toko yang biasanya dijadikan tempet oleh-oleh didaerah kalian, kali bisa tokonya sangat dekat dengan sentral-sentral daerah wisata, sehingga wisatawan sangat mudah untuk menemukan tape yang kalian jual.

Cukup sampai sini saja saya menjelsakantentang Memulai Bisnis Rumahan Dengan Membuat Tape Singkong, semoga artikel ini bisa membantu temen-temen dalam menentukan bidang usaha yang kalian inginkan.

 

Popular Posts

Atas