Kelebihan Natrium Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Kelebihan Natrium Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi Kelebihan Natrium Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi – Ion Natrium sangat penting untuk memelihara tekanan osmotik yang normal dari cairan tubuh dan mengatur keseimbangan asam basa daripada tubuh. Tetapi umum sekali orang mengambil terlalu banyak mineral dalam bentuk garam dapur, yang justru membahayakan.

Kepada mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi, para dokter selalu anjurkan agar mengurangi penggunaan garam dapur. Dr.L.K. Dahl dan Dr.R.A.Love dari Laboraturium Brookhaven telah menganalisa penggunaan garam dapur dari 1346 pegawai laboraturiumnya. Riset tersebut memberikan hasil bahwa hanya satu dari 135 orang yang memakan sedikit garam mendapat penyakit tekanan darah tinggi, didapatkan 43 orang dari 630 orang yang memakan garam secukupnya mendapat tekanan darah tinggi, serta 61 orang dari 581 orang yang makan banyak garam, menderita tekanan darah tinggi.

Satu riset lain telah dibuat di Flamingham, Massachussettt oaleh Dawber dan teman-teman sejawatnya menunjukkan dalam batas 4 tahun orang yang pernah menderita tekanan darah tinggi dengan usia 46-62 tahun mempunyai kemungkinan untuk menderita penyakit pembuluh darah koroner tiga kali lipat dibandingkan dengan mereka yang mempunyai usia yang sama, tetapi tidak memliki tekanan darah tinggi. Fakta ini menunjukkan adanya hubungan yang tidak langsung antara pengunaan banyak garam dapur (yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi) dengan penyakit jantung koroner.

Dr.Emil Conason menekankan bahayanya memakan garam yang banyak terutama pada penderita tekanan darah tinggi dan juga dalam keadaan-keadaan yang sebagai berikut:
1.Edema (penumpukan cairan di jaringan tubuh) pada kegagalan jantung.
2.Nephritis, nephrosis, cirrhosis.
3.Premenstrual tension (ketegangan premenstrurasi).
4.Redicing diet (makanan untuk menguruskan badan).

Bilamanan kita bandingkan makanan vegetarian dengan makanan sumber hewan, ternyata makanan sumber hewan mengandung kadar natrium yang tinggi yang memungkinkan seseorang bisa kelebihan garam.

Menurut Dr. Dahl dari Laboraturium Nasional Brookhaven tersebut, minimum tuntunan natrium untuk seorang yang normal ialah 200 miligram per hari yang terdapat dalam 500 miligram garam dapur. Tetapi banyak orang yang makan sampai 7s/d 15 gram per hari, lebih kurang 14 s/d 30 kali lebih banyak daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Seorang yang vegetarian akan makan cukup Natrium, tetapi tidak akan kelebihan.


Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan Kelebihan Natrium Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Dan jangan lupa artikel sebelumnya yang berjudul Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh.

Refrensi: DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas