Pentingnya Desain Kemasan Untuk Menunjang Strategi Pemasaran

Pentingnya Desain Kemasan Untuk Menunjang Strategi Pemasaran - Kemasan ibarat baju bagi produk Anda. Ingat pepatah seperti ini, jangan mengukur baju orang lain dengan badan sendiri! Ini artinya ketika Anda akan membuatkan baju untuk produk anda pertama kali yang anda lakukan adalah kenali karakter produk dan siapa konsumen sasarannya. Coba gali sedalam-dalamnya! Kemasan adalah produk desain. 

Di situ ada yang namanya elemen atau unsur-unsur desain, yakni bentuk/visual, warna, komposisi, typografi dan lain sebagainya. Keterlibatan Anda sebagai pemilik produk di sini dalam menentukan kemasan yang bagus harus dibatasi! Artinya, di sini peran Anda bukan sebagai pemilik produk bisa dengan semena-mena menentukan mana desain kemasan yang bagus dan mana yang jelek. Serahkan semua itu pada ahlinya yang punya kompetensi untuk itu.

Carilah seorang desainer grafis di sekitar Anda. Atau cobalah browsing di internet, ribuan desainer siap memberikan yang terbaik untuk Anda. Penting diingat, kalau Anda punya saudara atau keponakan atawa kenalan yang punya jiwa seni atau bisa menggambar jangan coba-coba minta tolong dibuatkan desain kemasan. 

Kenapa begitu? Taruhannya mahal! Lebih baik Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk seorang desainer kemasan daripada harus membuat desain yang tidak terukur impact-nya terhadap konsumen Anda. Gambar bagus dan indah bukanlah desain yang bagus! Tugas utama desainer kemasan adalah membuat konsumen jatuh cinta pada produk Anda melalui kemasan itu tadi. Bukan Anda sendiri yang jatuh cinta!.

Berikut ini adalah tips buat kalian untuk membuat desain yang bagus:

1. Ciptakan kemasan produk yang unik dan menarik
Untuk menciptakan kemasan produk yang unik dan menarik, usahakan menciptakan kemasan yang belum dipakai orang lain, sehingga kesan produk yang kalian tawarkan mempunyai kesan ciri khas produk kalian.

2. Sesuaikan desain kemasan dengan isi produk
Jika produk kalian tentang snack jagung usahakan desain kemasan ada gambar snack jagung, tapi desain snack jagungnya usahakan semenarik mungkin, seperti mengeditnya menjadi gambar animasi, sehingga ketiga pembeli pertama kali melihat produk kita dia langsung tertarik sama produk kita.

3. Ciptakan kemasan dalam berbagai ukuran
Untuk menjangkau semua pasar seperti kelas menengah, kelas atas, dan kelas bawah, sebisa mungkin membuat kemasan dalam berbagai ukuran, seperti contohnya produk snack yang kemasannya ada yang ukuran 20 gram, 50 gram 100 gram, sampai 200 gram, sehimgga kita bisa memaksimalkan pasar dari produk yang kita jual.

4. Beri kemasan dengan ikon produk kita
Untuk membuat suatu ciri khas dalam produk kita sebaiknya produk kita mempunyai ikon produk yang kita taru dalam kemasan..Kenapa harus memberi ikon pada kemasan? Alasannya memberi sebuah identitas pada produk kita, kalian pasti pernah melihat produk operator seluler yang mempunyai ikon produk ciri khas berupa animasi kartun, sehingga ketika orang melihat ikon produk animasi itu, mereka akan langsung teringat dengan produk smart frend, itulah guna dari sebuah ikon produk dalam kemasan.

5. Pilih kemasan yang dapat didaur ulang
Untuk bisa meminimalisir pemanasan global, sebaiknya memilih kemasan yang bisa didaur ulang, sehingga saat konsumen membeli produk kita, mereka tidak merasa berdosa karna sudah merusak lingkungan, karna kemasan produk kita bisa didaur ulang, lagi pula ini adalah strategi marketing yang bagus, karna semua orang sudah mulai sadar untuk merawat lingkungan sekitar mereka.

6. Sesuaikan kemasan dengan karakter konsumen
Bedakan kemasan dengan karakter konsumen, misalnya membuat desain produk sesuai target pasar, seperti contohnya produk snack makanan maka kita membuat kemasan selucu mungkin, sehimgga anak-anak tertari membelinya.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Pentingnya Desain Kemasan Untuk Menunjang Strategi Pemasaran, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian dalam menentukan desain kamasan yang baik untuk produk kalian. Setelah memikirkan desain kemasan, kini saatnya memikitkan bagaimana pemasaran produk yang kita jual, untuk pemasarannya sebaiknya temen-temen menggunakan sistem online untuk pemasaran produk kalian dengan menggunakan websate, sehingga pemasarannya bisa lebih meluas ke seluruh Indonesia,

Lalu bagaimana kalo saya tidak bisa membuat website? Tenang aja sekarang ini ada kok jasa pembuat website yang sangat murah, cukup mengeluarkan uang Rp.60.000 per bulan temen-temen sudah menikmasi website untuk menunjang bisnis kalian, dengan fitur yang sangat lengkap, yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa pembuat website, salah satu fiturnya adalah mendapatkan sms notafikasi setiap ada pembelian dari websate kita, untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat disini Jasa Pembuatan Website.

Website Desain Interior Rumah dan berbagai kelengkapannya Topsdecor

 

Popular Posts

Atas