Pemanfaatan Perkebunan Kelapa Sawit Sebagai Usaha Sampingan Ternak Sapi

Pemanfaatan Perkebunan Kelapa Sawit Sebagai Usaha Sampingan Ternak SapiKali ini Cara Hijau membagikan artikel tentang Pemanfaatan Perkebunan Kelapa Sawit Sebagai Usaha Sampingan Ternak Sapi, artikel ini saya tulis karna saya melihat lahan kelapa sawit di Indonesia kurang maksimal untuk pemanfaatannya, padahal jika dimanfaatkan secara maksimal maka hasil yang kita hasilkan lebih besar daripada kita hanya menanam kelapa sawit saja, baik kita langsung aja ke topik pembicaraan.


Kalian pasti tau bahwa Indonesia adalah produsen kelapa sawit terbesar terbesar didunia, dan itu pun rata-rata lahan kelapa sawit di Indonesia belum dioptimalkan secara maksimal, padahal jika lahan kelapa sawit dimaksimalkan dengan beternak sapi maka manfaat tambahan yang kita dapatkan sangatlah besar, yaitu:
1.kita bisa mendapatkan uang tambahan selain dari menanam kelapa sawit.
2.Kita bisa mendapatkan pupuk organik tanpa membelinya.

Untuk membudidayakan sapi dilahan sawit sangatlah mudah cukup kita melepaskan dengan liar, kisudah bisa membudidayak sapi potong, tapi kreteria lahan kelapa sawit harus depenuhi, yaitu: dengan tidak menggunakan pehtisida berlebihan pada lahan kelapa sawit.

Berikut ini adalah tips beternak sapi dilahan kelapa sawit dari saya:

1.Buat kalian yang sudah punya lahan kelapa sawit yang cukup besar tapi belum punya modal, kalian bisa bekerja sama dengan peternak sapi atau investor dengan sistem bagi hasil atau sewa lahan, untuk sistem bagi hasilnya itu terserah dari kesepakatan masing-masing. Begitu pula dengan peternak sapi, yang mempunyai sapi cukup banyak tapi tidak punya lahan kalian bisa bekerjasama dengan yang mempunyai lahan kelapa sawit yang cukup besar, dengan cara bagi hasil atau dengan sistem sewa.

2.Sebaiknya untuk beternak sapi dilahan kelapa sawit, sapi yang digunakan untuk beternak sebaiknya sapi jantan. Kenapa? Alasannya cukup jelas yaitu menghindari perkawinan sedarah. Kalian tau sendiri bahwa bibit sapi dari hasil perkawinan sedarah, bibit yang dihasilkan akan sangat jelek sekali, karna sistem beternak sapi dilahan kelapa sawit adalah sistem beternak sapi dengan diliarkan, beda lagi jika kita memberi kandang untuk beternaknya, kita bisa memisahkan antara betina dan jantan. Oleh karna itu untuk menghindari perkawinan sedarah maka sapi untuk beternak adalah sapi jantan semuannya, untuk sapi betina sebaiknya ditempatkan kedalam kandang saja.

3.Jika kalian tidak bisa mendapatkan investor untuk memanfaatkan lahan kelapa sawit kalian. Saya masih mempunyai solosinya, tapi untuk keberhasilannya tergantung kerjasama kalian dengan orang lain dan kerja keras kalian. Untuk memulainya pertama-tama kalian harus membuat kelompok tani terlebih dahulu, setelah kelompok tani kalian sudah solit, kalian bisa mengajukan proposal kepada departemen pertanian dan peternakan siapa tau disana ada dana bantuan yang dikhususkan untuk kesejahteraan petani, tapi dari pengalaman saya untuk mendapatkan bantuan entah itu dari CSR perusahaan ataupun dari Pemerintah sebaiknya kalian menggunakan Proposal yang jelas, dan jelaskan keuntungan bagi pemerintah itu apa, sehingga pemerintah mempunyai alasan untuk mengucurkan dana buat kelompok tani kalain, dan jangan lupa untuk berdoa kepada tuhan yang maha esa supaya proposal kalian diterima sama pemerintah.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Pemanfaatan Perkebunan Kelapa Sawit Sebagai Usaha Sampingan Ternak Sapi, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen sekalian. Dan jangan lupa baca juga artikel tentang Cara Beternak Sapi Perah dan Cara Mengawetkan/ Menfermentasi Pakan Ternak Hijauan Untuk Sapi.

 

Popular Posts

Atas