Tempe Makanan Kebanggaan Negara Indonesia

Tempe Makanan Kebanggaan Negara IndonesiaSetelah Cara Hijau pada artikel sebelumnya membahas tentang Cara Membuat Tempe, Strategi Pemasaran Produknya, kali ini Cara Hijau membahas tentang Tempe Makanan Kebanggaan Negara Indonesia, baik kita langsung pada topik pembicaraan.

Para ilmuwan yang telah mengadakan penelitian mengenai tempe, makanan kebanggaan bangsa Indonesia, mendapatkan juga bahwa kadar vitamin B12 pada tempe tidak kalah dengan daging. Dalam surat pribadi yeng telah dikirim kepada penulis Dr.Ir.Slamet Sudarmadji, Kepala Bagian Laboraturium Mikrobiologi Pangan Jurusan Pengolahan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada, dikatakan bahwa dalam 100 gram tempe terdapat 1,5-6,3 mikrogram vitamin B12. Bahkan Dr.Ir.Slamet Sudarmadji mengatakan bahwa apabila dengan sengaja diinokulasi dengan mikroba klebsiela, maka kandungan Vitamin B12 nya dapat meningkan menjadi 14 Microgram setiap 100 gramnya. Sedangkan keperluan Vitamin B12 setiap hari orang dewasa hanya 3 Microgram.

Keunggulan tempe sebagai makanan kebanggaan bangsa Indonesia bukan hanya terletak pada Vitamin B12 nya saja, tetapi juga pada protein, bahka bisa mencapai 21 gram, sedangkan kadar protein daging sapi 18,8 gram, daging kerbau 18,7 gram, ayam 18,2 gram dan daging domba 17,1 gram. Dengan demikian kadar protein pada tempe tidak kalah dibandingkan dengan daging, bahkan tempe boleh menjadi pengganti daging yang baik.

Keunggulan tempe lebih daripada daging meliputi juga kadar kalsium dan karbohidratnya. Untuk setiap 100 gram tempe terkandung 129 mg kalsium dan 12,7 gram karbohidrat, sedangkan daging, daging ayam, daging kerbau, dan daging domba, masing-masing hanya mempunyai Kalsium yang berkisar antara 7 sampai 14 mg saja. Dan sama sekali tidak memiliki karbohidrat.

Oleh sebab keunggulan-keunggulan tempe dibandingkan dengan berbagai macam daging, sudah selayaknya kita jangan meremehkan tempe, tapi kita patut mempromosikan tempe sebagai makanan kebanggaan bangsa Indonesia. Tempe dapat lebih terjangkau oleh segenap lapisan masyarakat oelh sebab harganya yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga daging.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Tempe Makanan Kebanggaan Negara Indonesia, semoga artikel ini bisa memotifasi kita untuk lebih menyukai tempe daripada daging. Buat temen-temen yang ingin membuka usaha tempe silakan lihat aja disini Cara Membuat Tempe, Strategi Pemasaran Produknya, nanti di artikel itu dijelaskan gimana cara pembuatannya dan pemasarannya yang baik.

Refrensi: DR.J.KUNTARAF

 

Popular Posts

Atas