Vitamin A, Pendukung Kesehatan Mata

Vitamin A, Pendukung Kesehatan Mata
Vitamin A, Pendukung Kesehatan Mata - Masyarakat sudah meyakini bahwa dengan mengosumsi wortel secara rutin dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan wortel (Daucus carota L), identing dengan mata sehat sebab kaya akan betakarotin. Senyawa ini disebut juga provitamin A. Apabila tubuh memerlukan vitamin A, otomatis organ hati akan mengubah betakaroten menjadi Vitamin A. Vitamin A inilah yang berfungsi menyehatkan mata dan mencegah datangnya penyakit rabun senja. Namun, hati-hati bila terlalu banyak menosumsi wortel (50 mg per hari) dalam 10 hari karena akan membuat warna kulit menjadi jingga kekuningan. Hal ini disebabkan karna tubuh kita mampu menyerap karoten yang berlebih atau justru tidak mampu menyerap karoten yang terdapat di dalam wortel. Selain itu, juga bisa terjadi karena ada masalah pada organ liver (hati). Apabila hal ini terjadi, hentikan dahulu mengosumsi wortel dan tunggu hingga kondisi pulih kembali dalam beberapa hari. Pada bayi overdosis vitamin A juga bisa membuat tulang menjadi rentan dan sangat rapuh.

Berdasarkan angka kecukupan gizi, kebutuhan harian vitamin A orang dewasa berkisar 500-700 RE. Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, betakaroten yang terkandung dalam Vitamin A juga berperan sebagai antioksidan yang sangat berguna menghambat proses penuaan dini sekaligus menyehatkan tubuh secara menyeluruh .

Proses penuaan juga menyebabkan menurunnya fungsi sel-sel mata yang akhirnya mengganggu penglihatan. Apabila proses penuaan sel-sel tubuh dapat diperlambat tentunya kesehatan mata bisa terjaga lebih lama.

Selain wortel, masih banyak jenis sayur dan buah yang mengandung Vitamin A. Posisi wortel bisa digantikan dengan sayur atau makanan lain, asalkan bahan makanan tersebut memiliki karakteristik yang menyamai keistimewaan wortel dalam menyehatkan mata.

Cukup sampai sini saja Cara Hijau menjelaskan tentang Vitamin A, Pendukung Kesehatan Mata, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen sekalian, dan jangan lupa baca juga artikel sebelunya yang berjudul Kondisi Iris Mata, Cermin Penyakit Seseorang.

 

Popular Posts

Atas