5 Tips Membuat Rumah Lebih Sehat

5 Tips Membuat Rumah Lebih Sehat - Hampir semua kuman mati dengan segera bila kena sinar cahaya matahari dengan langsung. Tidak akan yang lebih baik daripada cahaya matahari dalam usaha untuk membebaskan manusia dari bahaya kuman. Orang yang bijaksana akan selalu memperhatikan bahwa rumahnya diberi ventilasi yang baik dan udara silih berganti setiap hari. Biarkanlah cahaya matahari bersinar langsung di atas lantai dalam tiap-tiap ruangan sebanyak-banyaknya. Kuman TBC sering terdapat pada debu di jalan yang terbanyak disebabkan oleh ludah aatau kebiasaan jelek lainnya. Kuman ini tergolong diantara musuh manusia yang paling berbahaya. Kuman itu sering dibawa masuk kedalam rumah secara kebetulan dengan menempel pada kaki kotor. Tetapi kuman itu amat berbahaya terutama terhadap anak yang merangkak-rangkak di lantai.

Semua lantai harus disapu dan dibersihkan baik-baik setiap hari. Setiap orang yang datang kerumah membawa kuman pada kaki dan pakaiannya. Tangannyapun membawa kuman yang didapat dan apa saja yang telah dipegangnya. Setiap orang yang sudah berjabat tangan dengan dia juga menyebarkan kuman. Kebanyakan tidak berbahaya, tetapi ada juga yang cukup berbahaya untuk menyebabkan penyakit serius jika diberi kesempatan. Kebersihan mutlak penting untuk kesehatan. Tangan , tubuh, dan rumah yang bersih adalah dasar peradaban yang sebenarnanya.

Berikut ini adalah tips buat kalian untuk membuat rumah kalian lebih sehat:

1.Sebisa Mungkin Banyak Fentilasi Udara
Sama dengan penjelasan yang diatas bahwa fentilasi udara sangatlah penting, karna udara bisa keluar masuk dengan mudah sehingga udara dalam ruangan bisa lebih segar dan kandungan oksigennya bisa lebih besar daripada rumah yang gak ada fentilasi udaranya, lagi pula semakin banyak kadar oksigen di dalam rumah kita otomatis rasa stres dalam pikiran kita juga ikut berkurang,selain itu matahari juga bisa lebih mudah masuk untuk membunuh bakteri yang ada dirumah, untuk edealnya satu rumah harus memiliki 8 fentilasi udara untuk rumah sedang, sedangkan untuk yang kecil 6 sudah cukup tapi kalo lebih juga lebih baik.

2.Gunakan Cat Tembok Yang Gak Mengandung Bau Yang Tajam
Alasannya sangat simpel sekali untuk tidak menggunakan cat tembok yang berbau tajam, untuk menjaga kwalitas udara dalam rumah, coba kalian bayangin kalo kalian memakai cat tembok yang berbau tajam otomatis udara yang kalian hirup sangat tidak segar sekali, ditambah saat kita pulang kerja yang rasa tubuh ini pegal sekali, lalu disuguhin oleh bau cat tembok yang baunya sangat tajam, otomatis kita akan tambah stres.

3.Sebisa Mungkin Jangan Gunakan Bak Mandi Di Kamar Mandi
Menurut informasi yang saya peroleh dari acara TV On The Spot di Trans TV, bahwa bak mandi adalah tempat terjorok setelah Hendphone kita sendiri, alasannya sangat sederhana sekali, karna air yang di lapisan paling bawah di bak mandi tidak pernah diambil, saat kita mandi kita hanya mengambil air lapisan yang paling atas, setelah itu kita isi lagi bak mandi itu, sehingga air yang dilapisan paling bawah tidak sempat terangkat saat kita mandi, jadi sebisa mungkin kita harus menggunakan shower saat kita mandi.

4.Gunakan Kloset Yang Tertutup.
Informasi ini sama yang diatas saya juga mendapatkannya dair On The Spot, bahwasannya jika kita menggunakan kloset yang terbuka, lalu saat kita menyiram kotorannya ke dalam kakus, maka bakteri yang ada di kloset akan terbang akibat siraman air tadi, jadi sebaiknya kalian menggunakan kloset yang tertutup untuk menghindari bakteri yang menyebar dari kloset.

5.Sebisa Mungkin Pel Lantai Rumah 2 Hari Sekali
Lantai rumah adalah salah satu aktivitas yang sering kita gunakan saat kita berkumpul keluarga untuk rumah yang minimalis, jadi sebisa mungkin kita membersikan rumah kita supaya terbebas dari bakteri, sehingga anak kita terhindar dari bakteri yang berbahaya, apa lagi yang punya anak kecil, maka kita harus lebih ekstra untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Itu semua adalah 5 Tips Membuat Rumah Lebih Sehat, semoga saja bermanfaat buat temen-temen sekalian, sekian terima kasih.

 

Popular Posts

Atas