Cara Menanam Tomat Dengan Hidroponik

Cara Menanam Tomat Dengan Hidroponik – Teknik tanam yang belakangan ini berkembang adalah teknik hidroponik. Ya bagaimana tidak terkenal, teknik hidroponik ini merupakan teknik tanam yang sangat simpel tidak memerlukan banyak lahan. Teknik ini sangat cocok sekali untuk anda gunakan bagi anda yang ingin bercocok tanam namun tidak mempunyai banyak lahan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tentang bagaimana cara menanam tomat dengan teknik hidroponik.

Ternyata selain simpel dan tidak memerlukan banyak lahan, keuntungan lain dari menggunakan teknik hidroponik ini adalah tanaman yang dihasilkan lebih sehat. Ini karena kita tidak perlu menambahkan pupuk untuk membuat tanaman hidroponik tumbuh subur. Alhasil tanamanpun tumbuh dengan besar dan sehat. Nah, bagaimana cara menanam tomat hidroponik. Simak yang beriku ini.

Untuk menananm tomat dengan menggunakan teknik hidroponik, anda memerlukan beberapa bahan dan alat berikut ini.

  • Biji tomat sebagai bibit.
  • Pasir sebagai media hidroponik.
  • Polybag dengan diameter 30 cm dan tinggi 50 cm.
  • Sekop.
  • Selas plastic yang sudah dilubangi ( anda dapat memanfaatkan gelas miniman bekas ).
  • Garpu.
  • Alat untuk menyiram tanaman.
  • Pipa besar
  • Dan yang terakhir adalah kotak kayu.

Jika anda sudah menyiapkan semua alat – alat dan bahan diatas, maka langsung saja kita ke teknik penanamannya. Berikut adalah teknik penanamannya.

  1. Langkah yang pertama adalah menyemaikan benih tomat dengan menggunakan cocopeat agar hasilnya lebih bagus. Rawatlah bibit tersebut sampai tumbuh daunnya, atau kurang lebih 21 – 28 hari.
  2. Jika dirasa tomat sudah cukup untuk dipindahkan, pindahkanlah tomat tersebut kedalam gelas plastik yang telah disiapkan. Hati – hati dalam memindahkan tomat kedalam gelas plastic, jangan sampai akar dari benih tomat tersebut rusak atau bahkan putus. Gunakan garpu untuk memindahkannya, lalu masukkan air terlebih dahulu dan goyang – goyangkan agar cocpeat yang menempel hilang.
  3. Lalu masukkan benih tomat kedalam gelas plastic dan gunakan busa sebagai penjepit.
    benih tomat
  4. Lalu, masukkan gelas plastic tadi kedalam polibag yang telah diberi pasir. Jangan lupa juga untuk melubangi setiap dasar polibag untuk pembuangan air. Saat memasukkan kedalam palstik, usahakan akarnya tidak ke dimasukkan semua ke pasir, sisakan sedikit untuk bernafas.
  5. Semakin hari, tomat akan tumbuh semakin besar, saya rasa media plastic tidak akan cukup lagi untuk menampung tomatnya. Maka dari itu disini saya akan memindahkannya kedalam pipa yang cuku besar.
  6. Tidak lupa saya mengganti busa pada botol plastic dengan pasir agar lebih berat dan dapat lebih subur.
  7. Untuk pipanya usahakan anda melubanginya pada bagian atas sebagai wadah gelas plastik, sisakan satu lubang untuk tempat mengisi air dan pada salah satu ujung bagian samping untuk pembuangan air. Uji dengan air apakah drainasenya sudah lancar atau belum.
  8. Sekarang rawat tomat anda sampai besar dan tumbuh buahnya. Jangan lupa untuk memidahkan tomat ketempat yang terkena matahari secara langsung jika tomatnya sudah tumbuh besar. Dan siram serta masukkan aro kedalam pipa secara berkala.

tomat dengan teknik hidroponik
Nah, itulah langkah – langkah cara menanam tomat hidroponik yang dapat anda coba. Semoga ini dapat membantu anda dalam menyalurkan hoby bertanam anda namun tidak mempunyai lahan yang cukup untuk bertanam. Atau saksikan video dibawah ini.


 

Popular Posts

Atas