Memanfaatkan Botol Bekas Untuk Pot Bunga

botol bekas untuk pot
Membuat pot dari botol plastic bekas – Tak dapat dipungkiri, sekarang ini banyak sekali soft drink yang menggunakan botol plastik sebagai wadahnya. Tak dapat dipungkiri pula jika masyarakat yang meminumnya hanya membuang saja sampah palstik tersebut, yang mengherankan lagi mereka membuang botol plastik itu ke sembarang tempat. Padahal kita tahu kalau sampah palstik merupakan salah satu sampah yang sangat sulit untuk diuraikan. Dibutuhkan waktu hingga puluhan bahkan ratusan tahun untuk dapat menguraikan plastik ini.

Lantas bagaimana kita menanggulangi sampah botol plastik ini? Apakah harus dibakar atau diremas – remas? Tentu tidak, langkah yang harus kita tempuh adalah dengan menggunakan 4R. nah, salah satu dari 4R adalah mengolah atau mendaur ulang sampah yang telah digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana cara mendaur ulang sampah botol plastic menjadi pot yang indah.

Ide ini saya peroleh ketika saya menonton televisi, dan ketika saya melihat gambar di facebook yang memposting gambar pot dari botol. Indah sekali, walau hanya terbuat dari botol bekas. Apalagi disusun secara horizontal naik – turun dan warna botol yang warna – warni di pagar rumah. Nah, bagaimana cara membuat pot dari botol bekas, langsung saja simak yang berikut ini.

Alat dan bahan
  1. Botol bekas sesuai jumlah yang anda kehendaki.
  2. Pisau cuter.
  3. Solder ( dapat diganti dengan besi panas, atau benda lain yang dapat digunakan untuk melubangi).
  4. Spidol.
  5. Tali raffia atau kawat atau alat lain yang dapat digunakan untuk menggantung pot nantinya.
  6. Media tanam ( tanah ).
  7. Tanaman.

Cara membuat pot dari botol bekas
  1. Lepaskan terlebih dahulu merk minuman yang masih menempel di botol.
  2. Selanjutnya beri tanda persegi panjang dengan menggunakan spidol pada salah satu sisi samping botol.
  3. Jika sudah, lubangi botol yang sudah diberi tanda tadi dengan menggunakan cuter. Lubang pada botol tadi nantinya akan digunakan untuk memasukkan media tanam dan tanaman yang akan ditancapkan di pot. 
    botol untuk pot
  4. Sebelumnya, lubangi terlebih dahulu bagian sisi samping botol yang lainnya dengan menggunakan solder agar lebih mudah. Lubang disini berupa titik – titik lubang layaknya pada pot umumnya. Lubang ini berfungsi untuk sirkulasi udara, dan tempat keluarnya air jika airnya kebanyakan.
  5. Ikat kedua ujung botol dengan menggunakan raffia atau kawat atau alat lain yang dapat digunakan untuk menggantung pot nantinya.
  6. Masukkan media tanam serta tanaman atau bibitnya pada pot.
  7. Pot siap untuk digantung. Pot dapat digantung di pagar, dinding luar rumah dan sebagainya.


Nah, itulah cara membuat pot dari botol bekas. Selain untuk mengurangi sampah plastik, kegiatan ini juga dapat menghemat pengeluaran kita untuk membeli pot bunga. Selain itu, membuat pot gantung juga dapat kita jadikan kegiatan untuk menyalurkan hoby tanam kita, khususnya bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup untuk bertanam. Sekian dan terima kasih.

 

Popular Posts

Atas