Cara Teknik Okulasi Tanaman


Teknik Okulasi Tanaman Mangga

-Bagi anda yang suka bercocok tanam dan mengkawinsilankan atau memodifikasi tanaman. Pasti anda taka sing lagi dengan kata okulasi. Okulasi adalah salah satu cara meningkatkan mutu tanaman dengan cara menempelkan sepotong kulit tanaman pada sebuah pohon atas irisan dari kulit pohon dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu. Teknik okulasi ini tergolong perkembangbiakan secara vegetative atau perkembanganbiakan tanpa proses pembuahan.

Okulasi bertujuan untuk menggabungkan sifat dari sebuah potongan tanaman dan pohon tempat potongan tanaman itu ditempel guna mendapatkan sebuah varitas yang labih baik dari sifat keduanya. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit cara okulasi pada tanaman mangga, bagaimana caranya langsung saja simak pembahasan yang berikut ini.

Teknik okulasi tanaman mangga

Disini kita ambil contoh kita akan mengokulasi sebuha tanaman mangga yang berbuah lebat namun rasanya kurang manis dengan tanaman mangga yang berbuah jarang namun rasanya manis.

  1. Yang pertama siapkan sebuah tanaman mangga yang berkualitas, batang pohon yang kuat, berbuah lebat, berbuah manis, dan sehat.
  2. Yang keuda adalah menentukan bagian pohon mana yang akan disayat. Disarankan anda untuk tidak menyayat pohon mangga dekat dengan pangkalnya.
  3. Saat menyayat anda harus hati – hati, anda tidak boleh menlukai cambium pohon karena dapat membuat okulasi menjadi gagal.
  4. Sisakan sedikit bagian bawah pohon pada saat menyayat pohon mangganya, hal ini dimaksudkan untuk tempat pijakan.
  5. Jika sudah tempelkan potongan tunas tanaman mangga pada sayatan pohon mangga, pastikan juga bahwa tunas tersebut dalam keadaan sehat.
  6. Atur denga baik posisi tunas pada sayatan pohon, pegang terus dengan tangan sampai anda membuangkusnya dengan rapi.
  7. Sekarang bungkus tunas tadi dengan plastik yang rapid an kuat, namun jangan terlalu kuat dan jnagan juga terlalu kendor.

Nah, itulah teknik okulasi tanaman mangga yang dapat anda coba. Silahkan jika anda masih kurang paham anda dapat melihat tayangan video tentang okulasi ini untuk memperjelas tentang okulasi. Sekian dan terima kasih.


 

Popular Posts

Atas