Cara Menanam Cabai Mudah

Cara Menanam Cabai

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat penting dalam setiap makanan. Apalagi bagi anda para pecinta pedas. Karena itulah, terkadang harga cabai dapat melonjak tinggi, apalagi ketika menginjak hari – hari besar, seperti bulan ramadhan dan hari raya idul fitri. Harga cabai bisa melonjak beberapa kali lipat dari harga biasa.

Maka dari itulah, menanam cabai merupakan salah satu cara untuk menjaga persediaan cabai kita. Jadi kita tidak perlu lagi membeli cabai mahal – mahal ke pasar. Atau jika anda jeli, malah anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai usaha bisnis anda.


Masalah yang mungkin muncul bagi kita yang tinggal di perkotaan adalah tidak adanya lahan yang cukup untuk menanam cabai. Maka dari itu, kita perlu media tanam lain untuk menghemat lahan kita. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara bagaimana cara menanam cabai didalam polybag.

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Polybag (dengan diameter minimal 25 cm, lebih besar boleh juga)
  • Tanah.
  • Pupuk organic atau pupuk kandang.
  • Benih cabai
  • Media semai

Cara menanam cabai

  1. Pertama, belilah bibit cabai yang dapat anda beli di toko pertanian. Atau anda juga dapat membuatnya sendiri dengan cara membelah cabai menjadi dua, lalu ambil biji cabainya. Setelah itu, rendam cabai kedalam air, buanglah cabai yang terapung, karena cabai itu tidak baik untuk bibit.
  2. Sambil menyiapkan media semai, rendamlah bibit cabai tersebut untuk mempercepat perkecambahan nantinya.
  3. Siapkan media semai dengan campuran tanah dan pupuk organic dengan pebandingan 1 : 1, setelah itu siram dengan PGPR.
  4. Lalu, semailah bibit cabai tadi di media semai.
  5. Jika sudah bibitnya sudah tumbuh dan berdaun, kita bisa memindahkannya kedalam polybag. Namun ada baiknya 2-3 hari sebelum polybag tersebut kita gunakan untuk menanam bibit cabai, kita siram terlebih dahulu dengan larutan MOL sampai basah.
  6. Sebelumnya, kita jangan langsung menempatkan polybag tersebut ditempat yang langsung tersinari matahari kira – kira sampai seminggu. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pertumbuhan bibit cabai. Setelah seminggu barulah kita pindahkan ke tempat yang terdapat tersinari matahari langsung.
  7. Rawatlah pohon cabai, sirami jika tanahnya sudah kering dan jangan lupa untuk menyiraminya dengan larutan MOL setiap seminggu sekali.
  8. Amati setiap ada hama, atau penyakit yang menyerang dan segera basmilah.
  9. Tunggu sampai pohon tersebut berbuah dan siap untuk dipanen cabainya.


Itulah cara menanam cabai yang dapat anda coba. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk menanam cabai. 

 

Popular Posts

Atas