Cara Membuat Kripik Nangka

Cara membuat kripik nangka enak – Kripik adalah makanan yang terbuat dari buah – buahan ataupun palawija yang diiris tipis – tipis, dikeringkan lalu digoreng. Buah yang dipilih untuk bahan baku pembuatan kripik pada umumnya adalah buah dengan kandungan air yang tidak terlalu tinggi. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, dan aneka cara memasak ternyata buah yang mengandung banyak air juga dapat anda buah kripik, salah satunya adalah nangka.

kripik nangka
Buah nangka atau nangka merupakan buah yang sangat terkenal di Indonesia. Pada umumnya buah ini dibuat menjadi gudeg, sayuran lodeh, atau bumbu megono. Selain itu buah nangka juga dapat dikonsumsi secara langsung ketika sudah masak. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat kripik nangka yang enak dan manis.

Selain karena harganya yang murah, nagka juga mudah didapat di Indonesia, jadi lebih memudahkan kita untuk membuatnya. Sekedar info, ternyata harga kripik nangka di pusat oleh – oleh ini tergolong cukup tinggi, yaitu antara Rp 60.000 – Rp 80.000 per kilonya. Jadi kripik nangka ini juga dapat anda jadikan bisnis rumahan yang sangat menguntungkan. Baiklah langsung saja, inilah cara membuat kripik nangka.

Bahan – bahan untuk membuat krpik nangka


  1. Buah nagka segar 1 kg (jangan yang nnagka bubur)
  2. Air 1,5 liter.
  3. Kapur sirih 100 gram.
  4. Garam secukupnya (tidak dikasih juga tidak apa – apa)
  5. Gula pasir 150 gram
  6. Minyak goreng 2 liter

Cara membuat kripik nangka


  1. Kupas buah nangka, buang jerami dan bijinya, dan ambil dagingnya saja. Belah daging tersebut menjadi dua. Dibelah ya jangan dipotong.
  2. Untuk menghilangka getah dan untuk mengeraskan tekturnya, rendam nangka ke dalam larutan air kapur sirih selama kurang lebih 5 jam.
  3. Setelah itu angkat, lalu cuci dengan air bersih sampai bersih dan tiriskan sampai benar – benar kering.
  4. Agar nanti hasilnya lebih mengembang, ada baiknya jemmur terlebih dahulu nagka tersebut di bawah terik matahari sampai kering atau kira – kira 5 jam.
  5. Kemudian masukkan nangka ke dalam vacum fryer (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan ada suhuyang tidak lebih dari 90 derajat celcius. Namun jika anda tidak mempunyai vacum fryer anda dapat menggoreng nangka dnegan wajan biasa dengan dua kali proses penggorengan.
  6. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan minyaknya.
  7. Simpan kripik nangka ke dalam wadah atau plastic yang kedap udara agar rasanya renyah dan tahan lama.
  8. Jika anda ingin menambahkan rasa pada kripik nangka ini, tambahkanlah sebelum proses pengggorengan, kita bisa menambah gula agar lebih menis atau rasa lain.

Itulah cara membuat kripik nangka, sekarang anda sudah dapat menghidangkan kripik nangka buatan anda kepada keluarga atau menjualnya sebagai waralaba bisnis. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

Popular Posts

Atas