Cara Mudah Beternak Kelinci

Bagaimana cara beternak kelinci? Bagaimana cara perawatan kelinci yang baik? Apa saja penyakit pada kelinci? Itulah pertanyaan – peratanyaan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. ya tepat sekali kali ini kita akan membahas bagaimana cara beternak kelinci.

Kelinci merupakan hewan yang dapat dijadikan hewan piaraan sekaligus juga dapat dijadikan hewan daging. Banyak makanan yang menggunakan daging sapi ini, seperti sate. Tak hanya itu, kelinci juga banyak diminati oleh orang – orang khususnya para anak – anak. Nah, jika melirik kedua alasan tersebut maka beternak kelinci merupakan salah satu langkah tepat untuk berwirausaha.

Beternak kelinci tergolong beternak hewan yang cukup mudah dan menguntungkan. Perawatan kelinci yang tidak terlalu sulit dan perkembangbiakkannya yang sangat cepat menjadikan kelebihan tersendiri dalam beternak kelinci. Asalkan anda tahu bagaimana cara pemasaran kelinci, dijamin anda akan banyak mendapat keuntungan dari beternk kelinci ini. lantas bagaiman cara beternak kelinci? Simak ulasan berikut ini.

     Tips Memilih Bibit atau Indukan Kelinci

Ada beberapa kriteria sebelum anda memiliih bibit kelinci ini. pertama
tentukan terlebih dahulu anda ingin membudidayakan kelinci pedaging atau kelinci hias. Jika anda ingin membudidayakan kelinci hias maka ada baiknya jika anda membeli kelinci Belgian, Californian, Himalayan atau jenis kelinci besar lainnya untuk anda jadikan bibit. Namun jika anda ingin membudidayakan kelinci hias, maka ada baiknya jika anda membeli kelinci jenis anggora, rex, atau American chinchilla untuk anda jadikan sebagai indukan.
Kelinci rex
Kelinci Rex

Lalu bagaiman kriterianya? Untuk kelinci pedaging saat memilih indukan, yang harus anda perhatikan antara lain adalah
  1. Perawakan badannya besar.
  2. Bulu bersih.
  3. Mata bersih.
  4. Kelinci aktif.
  5. Tidak terserang penyakit.

Berbeda ketika anda ingin memelihara kelinci hias, maka kriteria yang harus anda perhatikan ketika memilih indukan antara lain :
  1. Bulu bersih dan pertumbuhan bulunya baik.
  2. Bulu tidak mudah rontok.
  3. Kelinci aktif.
  4. Tidak terserang penyakit.

Tips Membuat Kandang Kelinci

Kandang merupakan salah satu faktor penting dalam beternak kelici. Kandang mempunyai fungsi untuk menjaga agar kelinci tidak lepas, sebagai tempat berteduh ketika panas dan berlindung ketika huja sekaligus untuk menjaga kelinci dari predator seperti tikus. Dalam pembuatan kandang kelincipun tidak perlu yang rumit – rumit. Buatlah kandang supaya kelinci tidak bisa lepas saja. Kandang dapat kita buat dalam bentuk battery, yaitu sebuah kandang yang hanya dihuni oleh sepasang kelinci. Selanjutnya ketika kelinci sudah banyak anda dapat menyusun kandang tersebut ke samping maupun ke atas. 

Untuk ukurannya adalah 70 cm x 50 cm x 60 cm (panjang x lebar x tinggi) atau sesuaikan saja dengan besar kelinci anda dan berapa banyak kelinci yang ingin anda taruh dalam kandang tersebut. Dalam kandang tersebut ada baiknya jika anda juga melengkapinya dengan penerangan, hal ini dimaksudkan untuk menghindari dari serangan predator seperti tikus pada kelinci (khususnya anak kelinci yang masih kecil) pada malam hari. Dalam satu kandang kelinci paling tidak terisi 2 – 3 anak kelinci yang telah berusia 7 – 8 minggu.
kandang kelinci
Contoh Kandang Kelinci Sederhana

Jenis Pakan Kelinci

Kelinci merupakan hewan herbivore atau hewan pemakan tumbuhan. Banyak sekali jenis makanan yang dapat anda berikan pada kelinci, diantaranya sayuran hijau, biji – bijian, dan konsentrat (makanan penguat).
Sayuran hijau yang ayang dapat digunakan sebagai pakan kelinci antara lain : kangkung, selada, daun bunga kol, daun wortel, wortel, dan sebagainya. 

Untuk sayuran hijau ini ada baiknya jika anda melayukan terlebih dahulu sayuran tersebut sebelum anda memberikannya pada kelinci. Sedangkan jenis biji – bijiannya antara lain biji jagung yang telah dihaluskan. Jika anda ingin lebih praktis lagi, makan cobalah membeli pellet untuk kelinci anda dan campur dengan sedikit sayuran hijau.

Jadwal Waktu Pemberian Makan Kelinci

Untuk jadwal waktu pemberian kelinci anda dapat menggunakan jadwal berikut ini. 
  1. Berilah sayuran pada pukul 08.00 pagi. 
  2. Lalu barilah konsentrat pada pukul 10.00. 
  3. terakir berilah sayuran hijau dalam porsi yang lebih banyak dari jam makan pagi pada pukul 15.00. 

Jadwal ini harus rutin, anda dapat menggantinya namun harus rutin dengan jadwal yang anda buat.

Sanitasi atau Pembuangan Kandang Kelinci

Untuk kandang kelinci usahakan untuk selalu kering. Tempat yang basah atau yang lembab dapat menyebabkan penyakit kulit pada kelinci. Untuk itu jaga selalu kondisi kandang kelinci anda.


Itulah tips beternak kelinci dengan mudah yang dapat saya sampaikan kepada anda. Semoga bisnis anda maju besar dan mempunyai omset tersendiri. Sekian, selamat mencoba dan semoga behasil.

 

Popular Posts

Atas