Dampak Negatif Kebanyakan Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Tidur sendiri merupakan salah satu istirahat yang paling baik. Karena dengan tidur ini, tubuh akan memperbarui sel – sel yang rusak. Jadi sehat bukan saja makan makanan bergizi dan olahraga, namun juga perlu tidur yang cukup. Namun bagaimana jika waktu tidur berlebihan? Apakah dampaknya juga akan lebih baik daripada waktu tidur yang normal? Langsung saja kita bahas bersama – sama. 

kebanyakan tidur
Walau terlihat sederhana, namun ternyata banyak juga orang yang mengalami gangguan pada tidurnya, baik susah tidur, atau justru malah kebanyakan tidur. Padahal menurut Wayne H. Giles, MD, MS., dari National Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion, cukup tidur merupakan sebuah keharusan karena merupakan salah satu ciri tubuh yang sehat. Jadi berdasarkan hal itu, tidur yang baik untuk tubuh adalah tidur yang cukup, tidak kekurangan atau kelebihan. 

Jumlah waktu tidur ternyata yang dibutuhkan oleh orang yang usianya berbeda ternyata tidak sama. Anak – anak lebih banyak membutuhkan waktu tidur daripada orang dewasa. Berikut adalah kebutuhan tidur berdasarkan usianya menurut Centers for Disease Control and Prevention dari Amerika Serikat :
Usia
Kebutuhan Tidur
Bayi Baru Lahir 16-18 jam
Anak - anak 10-12 jam
Remaja 9-10 jam
Dewasa 7-8 jam
Kebutuhan tidur diatas akan berubah jika seseorang sedang mengkonsumsi alkohol atau obat penenang, sedang sakit, atau stress, maka kebutuhan tidurnya akan bertambah banyak. Namun jika kondisi dalam keadaan baik – baik saja, maka tidur lebih dari 9 jam merupakan sebuah kategori kelebihan tidur. 

Kembali ke pembahasan kita yaitu tentang kelebihan tidur. Lantas apa penyebab kelebihan tidur ini? berikut adalah beberapa penyebab seseorang kelebihan tidur : 
  1. Depresi 
  2. Hypersomnia (kondisi dimana seseorang sangat mengantuk sepanjang hari) 
  3. Sleep apnea (gangguan yang berupa nafas berhenti mendadak pada saat tidur, sehingga penderita akan mengalami gangguan pada siklus tidur sehari – hari) 

Lantas apa saja resiko yang akan dihadapi oleh seseorang yang jam tidurnya berlebihan? Berikut adalah beberapa resiko yang mungkin dideritanya 
  1. Meningkatkan resiko terserang diabetes 
  2. Meningkatkan resiko mengalami obesitas dalam waktu 6 tahun ke depan, sekalipun selama 6 tahun ke depan ia giat berolahraga dan makan makanan sehat 
  3. Terjadi gangguan pada serotonin dalam otak yang menyebabkan sakit kepala. Hal ini akan terjadi terutama saat tidur hingga siang 
  4. Resiko sakit punggung karena posisi tidur yang sama dalam yang relatif lama 
  5. Memperburuk depresi yang diderita. Perlu anda ketahui bahwa depresi membutuhkan waktu tidur yang cukup dan jam tidur yang sehat sebagai perawatannya. 
  6. Resiko terserang penyakit jantung Resiko kematian dini lebih dini 
Nah berikut adalah beberapa tips yang dapat anda coba untuk menghilangkan kebiasaan kelebihan tidur anda. Berikut tipsnya : 
  1. Kurangi konsumsi makanan yang dapat membuat waktu tidur menjadi tidak terkendali 
  2. Mengatur jam tidur malam agar lebih teratur lagi Bangun pagi di jam yang sama setiap pagi 
  3. Hindari konsumsi kafein yang terlalu banyak

 

Popular Posts

Atas